-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

Salat Istisqo

 

Pelaksanaan Salat Istisqa 
(Sumber : www.konsultasi syariah.com)


ASESMEN AWAL

Kerjakan asesmen awal berikut untuk mengukur kemampuan awal kalian

Asesmen Awal Istisqo


Bahan Ajar


Istilah Istisqo berasal dari kata dalam bahasa Arab, yaitu al-Istisqo yang  berarti meminta hujan, yang disebabkan hujan tidak pernah turun atau  musim kemarau. Dalam fikih, meminta hujan kepada Allah Swt dapat  dilakukan dengan beberapa cara. Sekurang-kurangnya meminta hujan bisa  dilakukan dengan berdoa, baik sendiri maupun bersama-sama. Doa meminta  hujan juga bisa dilakukan pada waktu khutbah Jumat. Selain itu doa meminta  hujan bisa dilakukan dengan menyelenggarakan salat Istisqo.

Secara istilah salat Istisqo adalah salat sunah untuk meminta hujan  kepada Allah Swt. Salat Istisqo dilaksanakan sebanyak dua rakaat di lapangan terbuka dengan disertai khutbah. Menurut jumhur (mayoritas)  ulama, khutbah salat Istisqo dilakukan setelah salat. Meskipun demikian  ada sebagian ulama yang memfatwakan khutbah salat istisqo dilaksanakan  sebelum salat.


Hukum salat Istisqo adalah sunnah muakkad (dianjurkan), khususnya  ketika ada keperluan yang mendesak. Misalnya terjadi krisis air, kekeringan  lahan pertanian, kebakaran hutan, polusi asap disebabkan kebakaran hutan,  dan lain sebagainya, sementara hujan belum kunjung datang. Dalam kondisi  seperti itu umat Islam disunahkan melaksanakan salat Istisqo.


Sebelum melaksanakan salat Istisqo, disunahkan agar memperbanyak  bacaan istigfar atau memohon ampunan atas segala dosa yang telah  dilakukan. Sebab bencana kekeringan dan tidak datangnya hujan pada  dasarnya disebabkan karena perbuatan dosa yang dilakukan oleh manusia.  Baik dosa yang berhubungan secara langsung dengan terjadinya bencana,  seperti penggundulan hutan, pembakaran hutan, dan produksi emisi karbon  ataupun dosa-dosa lain yang diperbuat oleh manusia.


Karena itu selain anjuran untuk beristigfar, dianjurkan pula agar  memperbanyak sedekah dan amal saleh. Tujuannya adalah untuk menyucikan  hati dan mendapatkan keridaan dari Allah Swt. Salah satunya adalah puasa  empat hari secara berturut-turut, yaitu tiga hari sebelum pelaksanaan salat  istisqo dan satu hari pada waktu pelaksanaan salat istisqo.

Pada hari pelaksanaan salat Istisqo, disunahkan pula untuk mengenakan  pakaian yang digunakan sehari-hari. Jamaah salat Istisqo tidak dianjurkan  mengenakan pakaian terbaik seperti pada waktu salat ‘Id. Semua memang  harus menampakkan kesahajaan, pertaubatan, dan kesucian hati.


Berikut ini adalah tata cara pelaksanaan salat sunah Istisqo.

1) Setelah jamaah sampai di lapangan, Imam salat menyeru jamaah  untuk memulai salat. Biasanya imam menyeru dengan bacaan aṣṣalātu jāmi’ah.

2) Imam mengimami salat dua rakaat seperti biasa sesuai dengan rukun dan sunah salat pada umumnya. 

3) Setelah salat selesai dilanjutkan dengan khutbah. Khutbah salat Istisqo di sunahkan dimulai dengan bacaan istigfar, yakni sembilan kali pada khutbah pertama dan tujuh kali pada khutbah kedua. Khutbah  dilanjutkan dengan puji-pujian kepada Allah, syahadat, salawat, nasehat khususnya ajakan agar bertaubat, kemudian berdoa meminta hujan diturunkan.


Simak juga video berikut untuk lebih jelasnya



LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Kerjakan LKPD berikut



Buatlah Poster atau video atau artikel tentang salat istisqo. Boleh menggunakan Canva 

Klik Link berikut



Upload hasil pekerjaan kalian di canva pada link berikut



ASESMEN AKHIR
Di akhir pembelajaran kerjakan asesmen sumatif berikut




REFLEKSI
Setelah selesai mari kita berefleksi

Klik tautan berikut untuk refleksi



Demikian pembelajaran kita semoga bermanfaat.

Tetaplah menjadi Insan Kreatif dan Mandiri

0 Response to "Salat Istisqo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel