-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

Pertamax Turun Harga

Berita gembira dari Pertamina bahwa pihaknya akan menurunkan harga pertamax pada hari selasa 03 Januari pukul 14.00. Tentu saja kabar ini disambut antusias oleh seluruh masyarakat. Di media sosial ramai dibahas tentang penurunan ini. Harga pertamax yang pada awalnya Rp. 13.900 turun menjadi Rp. 12.800. Meskipun masih di atas harga BBM subsidi Pertalite, namun penurunan harga ini jelas disambut dengan gembira oleh para pengguna BBM.

Harga Rp. 12.800 secara matematis sudah mendekati harga Pertalite yang Rp. 10.000. Dengan harga tersebut akan memberi dampak psikologis pada para pengguna BBM bagi kendaraannya yang akan mendorong perpindahan penggunaan pertalite ke pertamax. Jika harga yang ditetapkan tidak terlalu jauh, maka akan ada sebagian konsumen pertalite yang akan beralih ke pertamax. 

Perilaku konsumen perlu dicermati dalam perpindahan konsumsi BBM ini. Perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dala mendapatkan, megkomsumsi, dan menghabiskan produk atau jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului yang menyusuli tindakan ini. Untuk memahami konsumen dan mengembangkan startegi pemasran yang tepat kita harus pahami apa yang mereka fikirkan(kognisi) dan mereka rasajan (pengaruh), apa yang mereka lakukan(perilaku), dan apa serta dimana (kejadian disekitar) yang mempengaruhi serta dipengaruhi oleh apa yang difikirkan,dirasa, dan dilakukan konsumen.

Pada dasarnya,konsumen tidak sembarangan dalam membuat keputusan untuk membeli.oleh sebab itu, banyak faktor yang mepengaruh keputusan konsumen. Pilihan pembelian seseorang salah satunya dipengaruhi oleh faktor psikologis yang utama, yaitu motivasi, persepsi, proses belajar, serta kepercayaan, dan sikap.

Persepsi konsumen tentang harga BBM pertamax yang mendekati pertalite, akan memperngaruhi keputusan konsumen untuk beralih ke pertamax. Meskipun ada sejumlah pengeluaran yang harus ditambah, namun melihat kualitas pertamax yang lebih baik maka penambahan pengeluaran tidak akan terlalu berat saat manfaat yang lebih besar diperoleh. 

Adanya perpindahan pembelian dari pertalite ke pertamax, maka sudah tentu akan mengurangi beban subsidi pemerintah terhadap BBM. Subsidi BBM dapat dialihkan untuk kepentingan rakyat kecil dan peningkatan kesejahteraan mereka.

0 Response to "Pertamax Turun Harga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel