-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

RPP Pembelajaran Mendalam Peradaban Dinasti Fatimiyah

 

RPP Peradaban Dinasti Fatimiyah

Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam
Fase: D (SMP Kelas VIII)
Durasi: 2 x 40 menit
Dimensi Profil Pelajar Pancasila:

  • Bernalar kritis

  • Kreatif

  • Berkebhinekaan global


1. Identifikasi

a. Kesiapan Peserta Didik

  • Sudah mempelajari sejarah Dinasti Abbasiyah dan Umayyah.

  • Tertarik pada kisah-kisah kejayaan peradaban Islam.

  • Membutuhkan stimulus agar berpikir kritis dan reflektif terhadap sejarah.

b. Karakteristik Materi Pelajaran

  • Materi bersifat naratif dan analitis.

  • Relevan untuk memahami keanekaragaman dalam sejarah Islam.

  • Menumbuhkan nilai toleransi, kebanggaan, dan semangat belajar dari masa lalu.

c. Dimensi Profil Lulusan

  • Bernalar kritis

  • Kreatif

  • Berkebhinekaan global


2. Desain Pembelajaran

a. Capaian Pembelajaran

  • Menjelaskan perkembangan peradaban Islam pada masa Dinasti Fatimiyah dan pengaruhnya terhadap ilmu pengetahuan dan budaya.

b. Topik Pembelajaran

  • Peradaban Dinasti Fatimiyah: Politik, sosial, keilmuan, dan kontribusi terhadap peradaban Islam.

c. Lintas Disiplin Ilmu

  • IPS (sejarah dan budaya)

  • Bahasa Indonesia (menyusun teks eksplanatif)

  • TIK (presentasi digital)

d. Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik dapat menjelaskan perkembangan peradaban Dinasti Fatimiyah dengan lisan dan tulisan.

  • Peserta didik mampu mengaitkan peran Dinasti Fatimiyah dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

  • Peserta didik dapat merefleksikan nilai-nilai dari sejarah untuk kehidupan saat ini.

e. Kerangka Pembelajaran

  • Praktik Pedagogis: Pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning).

  • Lingkungan Pembelajaran: Diskusi kelas, riset daring, kerja kelompok.

  • Pemanfaatan Digital: Canva, Google Slide, video sejarah, Kahoot.

  • Kemitraan Pembelajaran: Kolaborasi antar siswa, guru sejarah, dan guru TIK.


3. Pengalaman Belajar

a. Prinsip: Berkesadaran, Bermakna, dan Menggembirakan

b. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal
  • Ice breaking: “Kalau kamu punya mesin waktu, kamu ingin kembali ke zaman dinasti apa?”

  • Apersepsi: Menayangkan video singkat tentang kota Kairo pada masa Dinasti Fatimiyah.

  • Motivasi: “Tahukah kalian bahwa Universitas Al-Azhar yang masih berdiri sampai sekarang dibangun oleh Dinasti Fatimiyah?”

Kegiatan Inti
  1. Memahami (berkesadaran & bermakna):

    • Siswa membaca artikel ringkas tentang Dinasti Fatimiyah.

    • Diskusi kelas: Apa yang membuat Dinasti ini unik dibandingkan yang lain?

    • Pemetaan kontribusi Dinasti Fatimiyah (politik, sosial, ilmu).

  2. Mengaplikasi (bermakna):

    • Siswa membuat mini-proyek infografis/presentasi digital kelompok tentang “Kontribusi Dinasti Fatimiyah yang Masih Relevan di Masa Kini”.

    • Siswa menautkan peran Dinasti ini dengan nilai Islam seperti ilmu, toleransi, dan keadilan.

  3. Merefleksi (berkesadaran & menggembirakan):

    • Siswa mengisi jurnal refleksi: "Apa pelajaran berharga yang bisa saya ambil dari Dinasti Fatimiyah untuk kehidupan saya sekarang?"

    • Sharing singkat dari beberapa siswa secara sukarela.

Kegiatan Penutup
  • Guru dan siswa bersama menyimpulkan pembelajaran.

  • Guru memberi umpan balik positif atas presentasi dan pemahaman siswa.

  • Siswa diminta menulis 1 pertanyaan terbuka untuk pembelajaran selanjutnya.


4. Asesmen

a. Asesmen Awal

  • Pertanyaan pemantik dan diskusi awal terkait pengetahuan sebelumnya.

b. Asesmen Proses

  • Observasi diskusi dan keterlibatan saat membuat proyek.

  • Peer assessment saat presentasi kelompok.

c. Asesmen Akhir

  • Penilaian produk (infografis/presentasi).

  • Penilaian jurnal reflektif.

  • Quiz reflektif dengan Kahoot atau Quiziz


0 Response to "RPP Pembelajaran Mendalam Peradaban Dinasti Fatimiyah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel