-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

ELABORASI PEMAHAMAN VISI GURU PENGGERAK

 


Dari semua gagasan mengenai pendidikan yang di kemukakan oleh Ki Hajar Dewantara, garis besar yang dapat diambil dari pemikiran beliau adalah pendidikan harus di dasarkan pada asas kemerdekaan. Kemerdekaan disini diartikan bahwasanya siswa harus memiliki jiwa merdeka secara lahir maupun batin

Pendidikan itu hanya suatu ‘tuntunan’ di dalam hidup tumbuhnya anak-anak kita. Artinya, bahwa hidup tumbuhnya anak itu terletak di luar kecakapan atau kehendak kita sebagai guru. Anak-anak itu sebagai makhluk, manusia, dan benda hidup, sehingga mereka hidup dan tumbuh menurut kodratnya sendiri. Kita sebagai guru hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan-kekuatan itu, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya itu.

Pendidikan bukanlah sebuah proses “Pendiktean”. Hilangnya nilai-nilai pendidikan yang harusnya menjadikan siswa sebagai subjek di dalamnya adalah hasil dari diskontinuitas pemahaman pendidikan yang telah bergeser dari pendidikan ke pendiktean. Dimana sekarang peserta didik dipaksa untuk mengikuti sistem yang ada tanpa menghiraukan apa yang menjadi potensi dari peserta didik tersebut. Yang terjadi sekarang adalah semua siswa di paksa untuk memenuhi standart yang sama mengenai pemahaman suatu pelajaran, bukan dituntun agar ia menyukai apa yang ia pelajari.

Para guru harus menciptakan iklim pendidikan yang lebih fleksibel sebagai upaya meningkatkan potensi yang ada pada diri peserta didik. Sementara dalam sudut pandang Ki Hajar Dewantara, beliau memandang pendidikan sebagai sebuah tuntunan yang menuntun anak didik menemukan potensi terbaiknya.. Pemikiran dan filosopi Ki Hajar Dewantara yang selalu memuliakan peserta didik dan menjadikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik.

Berdasarkan pemikiran dan filosopi Ki Hajar Dewantara yang telah saya pelajari, maka visi saya terhadap siswa adalah “Berprestasi dilandasi iman dan takwa, mandiri, kreatif dan berwawasan lingkungan”. Visi tersebut menjadi ide dan cita-cita besar dalam rangka mewujudkan sebuah sekolah yang mengutamakan siswa dan menjadikan siswa sebagai subyek pendidikan.

Inkuiri Apresiatif mejadi sebuah metode untuk mengadakan perubahan ke arah yang lebih baik. Dimana metode ini hanya melihat sisi positif dan kekuatan yang ada dari sebuah organisasi dalam hal ini sekolah. Melalui BAGJA dimana kita diarahkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan membimbing kita untuk menemukan tindakan yang tepat untuk keberhasilan program yang sudah kita canangkan.

Prakarsa perubahan yang akan dilakukan adalah menemukan minat dan bakat siswa dan mengembangkannya. Perubahan ini sejalan dengan pemikiran dan filosofi Ki Hajar Dewantara dimana menurut beliau setiap anak memiliki kodratnya sendiri berupa minat dan bakat. Tugas guru menemukan bakat tersebut kemudian mengasahnya dan mengembangkannya menjadi lebih bermanfaat untuk diri dan orang lain.

Saya menyebutnya TALENTA CARTOE, yang berarti wadah pengembangan minat dan bakat siswa SMPN 1 Cariu. Dalam wadah ini berkumpul para guru yang memiliki semangat untuk membimbing siswa mengembangkan minat dan bakatnya. Karena minat dan bakat sudah ada dalam diri siswa, tinggal guru harus punya kemampuan untuk menebalkan minat dan bakat itu menjadi sebuah prestasi sesuai dengan visi yang telah ada.

Berprestasi dengan dilandasi iman dan takwa. Jadi tidak lepas dari profil pelajar Pancasila yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia. Visi yang dilandasi mandiri, kreatif sejalan pula dengan profil pelajar Pancasila. Selanjutnya berwawasan lingkungan akan linear nantinya dengan bergotongroyong, bernalar kritis dan berkebhinekaan global.

Semoga hal ini dapat terwujud dengan kolaborasi bersama semua pihak mulai dari Kepala sekolah, guru, orangtua dan masyarakat. Mengingat tanggung jawab memajukan pendidikan bukan pada guru penggerak sendiri namun semua harus bergerak untuk memajukan pendidikan. Dengan pendidikan yang berkualitas maka masa depan siswa-siswa kita akan lebih baik.

0 Response to "ELABORASI PEMAHAMAN VISI GURU PENGGERAK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel