-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

Latihan Soal Pre test PPG PAI Materi Karya Tulis Ilmiah

119 Disajikan deskripsi tentang konsep dasar KTI, mahasiswa dapat mengambil kesimpulan tentang pengertian, ciri, tujuan, dan manfaat KTI

Contoh Soal

Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) tulisan yang disusun berdasarkan fakta atau analisa, disajikan dengan menggunakan bahasa baku dan memberikan informasi yang bersifat subyektif dan rasional 

(2) tulisan yang disusun berdasarkan fakta atau analisa, disajikan dengan menggunakan bahasa baku dan memberikan informasi yang bersifat obyektif dan irrasional 

(3) tulisan yang disusun berdasarkan fakta atau analisa, disajikan dengan menggunakan bahasa baku dan memberikan informasi yang bersifat obyektif dan rasional 

(4) tulisan yang disusun berdasarkan fakta atau analisa, disajikan dengan menggunakan bahasa baku dan memberikan informasi yang bersifat naratif dan rasional 

Pernyataan yang merupakan pengertian karya tulis ilmiah adalah nomor ....

A. 1     B. 2       C. 3      D. 4

Jawab : C


Ciri utama dari sebuah karya tulis ilmiyah adalah obyektivitas. Obyektivitas berarti ....

A. melihat sesuatu, baik itu fakta ataupun masalah secara jernih dan jujur, tanpa menunjukkan keberpihakan. 

B. pembaca mendapatkan informasi yang parsial dan tidak terjebak pada kepentingan tertentu. 

C. mencerminkan posisi penulis dalam menjelaskan sebuah persoalan atau mendeskripsikan imajinasi.

D. penulis tidak boleh memiliki posisi dalam melihat sebuah masalah. Sejauh data, fakta dan analisa dilakukan secara jujur dan rasional. 

Jawab : A


Di samping obyektivitas,  penulis harus memperhatikan sebuah prinsip lain, yaitu orisinalitas. Orisinalitas adalah ....

A. mengemukakan persoalan yang dirumuskan pihak lain dan melakukan analisa dengan argumen yang disusun sendiri. 

B. membuktikan bahwa analisa dan argumen yang dikemukakannya adalah benar-benar merupakan hasil pemikiran penulis sendiri

C. mengemukakan persoalan yang dirumuskan sendiri dan melakukan analisa dengan argumen yang disusun pihak lain

D. membuktikan bahwa analisa dan argumen yang dikemukakannya adalah benar-benar merupakan hasil pemikiran pihak lain

Jawab : B


Perhatikan pernyataan berikut ini!

1. Karya ilmiah adalah tulisan yang disusun secara sistematis, logis dan rasional yang didukung oleh fakta, yaitu berupa fakta umum yang dapat dibuktikan kebenarannya secara ilmiah dengan mengikuti metodologi penulisan ilmiah yang benar.

2. Karya ilmiah menerapkan teori-teori yang dilandasi oleh hasil pengamatan, penelitian dan/atau pemikiran yang mendalam.

3. Karya ilmiah bersumber dari permasalahan yang ada di sekitar penulis kenudian dijadikan penelitian

4. Karya ilmiah dapat merekomendasikan pemecahan masalah dengan berbagai cara atau metode sesuai dengan masalah yang menjadi pokok bahasan penelitian, biasanya menggunakan deduksi atau induksi. 

Berdasarkan pernyataan tersebut, yang termasuk karakteristik Karya ilmiah adalah nomor ....

A. 1, 2,3

B. 1, 2, 4

C. 1, 3, 4

D. 2, 3, 4

Jawab : B


Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Sebagai wahana melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis.

(2) dibuat untuk mendukung kenaikan pangkat dan menambah angka kredit

(3) Menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiswa, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan, terutama setelah penyelesaian studinya.

(4) Karya ilmiah yang telah ditulis itu diharapkan menjadi wahana transformasi pengetahuan antara sekolah dengan masyarakat, atau orang-orang yang berminat membacanya.

(5) Membuktikan potensi dan wawasan ilmiah yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam bentuk karya ilmiah setelah yang bersangkutan memperoleh pengetahuan dan pendidikan dari jurusannya.

(6) Melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian.

Berdasarkan penyataan tersebut yang termasuk tujuan karya ilmiah adalah ....

A. 1,2,3,5,6

B. 1,2,4,5,6

C. 1,3,4,5,6

D. 2,3,4,5,6

Jawab : C


Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif;

(2) Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber;

(3) Meningkatkan penghasilan 

(4) Meningkatkan pengorganisasian fakta/data secara jelas dan sistematis;

(5) Memperoleh kepuasan intelektual;

(6) Menjadi trending topik di media sosial

(7) Sebagai bahan acuan/penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya

Yang termasuk manfaat karya ilmiah bagi penulis adalah ....

A. 1,2,4,5,6

B. 1,2,4,5,7

C. 2,3,4,5,6

D. 2,3,4,5,7

Jawab : B


Dibawah ini adalah karakteristik Karya Tulis Ilmiah untuk membedakan dengan tulisan-tulisan lainnya, yaitu ….

A. Karya ilmiah adalah tulisan yang disusun secara sistemaits, logis dan rasional yang didukung oleh fakta, yaitu berupa fakta umum yang dapat dibuktikan kebenarannya secara ilmiah dengan mengikuti metodologi penulisan ilmiah yang benar.

B. Karya ilmiah menerapkan teori-teori yang dilandasi oleh hasil pengamatan, penelitian dan/atau pemikiran yang mendalam.

C. Karya ilmiah dapat merekomendasikan pemecahan masalah dengan berbagai cara atau metode sesuai dengan masalah yang menjadi pokok bahasan penelitian, biasanya menggunakan deduksi atau induksi.

D. Semua jawaban benar

Jawab : D

120.  Disajikan deskripsi tentang ragam KTI, mahasiswa mampu menentukan ragam bentuk KTI


Karya ilmiah dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, namun pada prinsipnya, semua karya tulis ilmiah itu sama yaitu hasil dari suatu kegiatan ilmiah. Yang membedakan hanyalah materi, susunan, tujuan serta panjang pendeknya karya tulis ilmiah. Adanya perbedaan ini karena disesuaikan dengan kebutuhan, dan keperluannya, diantaranya:

1. Makalah

Makalah adalah sebuah karya tulis yang dibuat untuk keperluan presentasi maupun diskusi.

1. Biasanya makalah menyajikan sebuah topik dari sudut pandang tertentu yang ditawarkan oleh penulis.

2. Makalah yang baik memiliki struktur dan alur berpikir yang sistematis dan rasional, serta ditulis dengan standar bahasa yang baku dan mengikuti pedoman penulisan karya ilmiah.

3. Panjang makalah biasanya berkisar antara 10 – 50 halaman, bergantung pada keluasan tema yang dibahas dan kepentingan penulisannya.

4. makalah yang baik juga dilengkapi dengan daftar referensi yang memadai dari sumber-sumber yang otoritatif.

5. Penulis makalah harus selektif dalam menentukan sumber tulisannya, karena di samping isi, kualitas makalah juga dapat dilihat dari kualitas sumber-sumber rujukan (referensi)-nya.

2. Artikel Jurnal Ilmiah,

Artikel dapat ditulis untuk berbagai kepentingan publikasi.

1. Sebuah tulisan di koran atau majalah populer, misalnya, disebut artikel, tetapi tidak dapat dikategorikan sebagai karya tulis ilmiah.

2. Artikel ilmiah biasanya dimuat oleh jurnal-jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh lembaga-lembaga yang memiliki otoritas akademik, seperti universitas ataupun lembaga riset.

3. Sebuah artikel yang diterbitkan oleh jurnal ilmiah biasanya telah melewati proses review yang cukup panjang. Review dilakukan oleh editor dan editor ahli baik menyangkut isi maupun teknik penulisan.

4. jurnal yang dianggap baik atau otoritatif biasanya sangat selektif dalam menentukan artikel yang akan diterbitkan.

5. Sama seperti makalah, artikel jurnal biasanya memuat sebuah topik tertentu yang dibahas menurut sebuah sudut pandang yang ditawarkan oleh penulis.

6. Tema yang disajikan oleh artikel harus relevan dengan disiplin ilmu yang dipilih oleh jurnal tersebut. Misalnya artikel tentang metode pengajaran matematika dimuat oleh jurnal yang relevan dengan pengajaran matematika.

7. Artikel jurnal biasanya merupakan hasil penelitian yang dipublikasikan untuk diketahui kalangan akademis.

3. Buku akademik

1. Buku adalah sarana seseorang untuk mengekspresikan pikirannya secara elaboratif.

2. Berbeda dengan makalah dan artikel jurnal yang dibatasi oleh jumlah kata ataupun halaman, buku tidak membatasi penulis untuk mengemukakan ide dan gagasannya.

3. Tidak ada jumlah halaman yang membatasi sebuah buku, kecuali faktor-faktor non akademik semisal ukuran, berat dan harga. Bahkan jika penulis memerlukan ruang yang sangat luas untuk mengekspresikan ide atau pendapatnya mengenai satu hal, ia bisa menulis buku dalam beberapa jilid.

4. Sebagai sebuah karya akademik, buku harus memenuhi kriteria penulisan karya akademik seperti yang telah disebutkan di atas. Buku yang tidak memenuhi kriteria penulisan karya ilmiah tidak layak untuk disebut sebagai sebuah karya akademik. Oleh karena itu, penulis sebuah karya akademik harus memperhatikan apakah buku yang dirujuknya merupakan karya akademik atau tidak. Di sinilah kehatia-hatian dan kejelian penulis diperlukan dalam mencari sumber-sumber referensi.

4. Review buku/artikel

1. Review adalah pembahasan tentang sebuah hasil karya akademik.

2. Biasanya karya-karya akademik yang telah dipublikasikan dibahas oleh akademisi-akademisi yang lain untuk mengapresiasi atau mengkritik karya yang telah dihasilkan.

3. Review terhadap karya akademik biasanya disajikan secara akademik pula dan diterbitkan di jurnal-jurnal ilmiah.

4. Review ini biasanya memberikan penilaian sebuah karya akademik dengan membandingkannya dengan karya-karya sejenis lain, atau mengkontekstualisasikannya pada kondisi tertentu. Hal ini dapat membantu pembaca untuk memiliki pandangan lebih tajam dan kritis.

5. Laporan penelitian

1. Laporan penelitian adalah karya ilmiah yang disusun untuk mengungkapan sebuah proses penelitian dari awal hingga akhir.

2. Pada laporan disebutkan latar belakan masalah, persoalan yang diteliti, metode yang digunakan, data yang diambil, kerangka teori atau kerangka berfikir yang ditawarkan, serta temuan yang dihasilkan.

3. Semua itu disusun secara sistematis dan logis sehingga mampu meyakinkan pembaca bahwa penelitian tersebut benar-benar dilakukan secara obyektif, dengan metodologi yang memastikan akurasi data dan pengolahannya, serta menghasilkan temuan yang signifikan. Sebagai sebuah tulisan akademik, laporan penelitian harus dibuat dengan memperhatikan aturan penulisan karya ilmiah.

Contoh Soal :

Dibawah ini yang merupakan bentuk dari Karya Tulis Ilmiah adalah

A. Makalah, jurnal ilmiah, buku akademik, review/artikel, laporan penelitian.

B. Makalah, kliping, Jurnal ilmiah;buk akademik, laporan penelitian.

C. Makalah, jurnal ilmiah, resensi buku, review/artikel, laporan penelitian

D. Makalah, jurnal ilmiah, buku akademik, review/artikel, novel.

Jawab : A


Artikel ilmiah yang biasanya dimuat oleh jurnal-jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh lembaga-lembaga yang memiliki otoritas akademik, seperti universitas ataupun lembaga riset adalah…

A. jurnal ilmiah,

B. buku akademik.

C. review/artikel,

D. laporan penelitian

Jawab : A

Pada jenis buku penulis tidak membatasi untuk mengemukakan ide dan gagasannya. Buku harus memenuhi kriteria penulisan karya akademik. Buku ini juga sarana seseorang untuk mengekspresikan pikirannya secara elaboratif …Buku yang dimaksud adalah..

A. Buku jurnal ilmiah,

B. buku akademik.

C. buku breview/artikel,

D. buku laporan penelitian

Jawab : B

Keutamaan Membaca Al Qur'an

Soal lainnya bisa dibuka di web ini dengan ketik di pencarian / search kata PPG PAI 

Contoh Soal Pretest Online 





1 Response to "Latihan Soal Pre test PPG PAI Materi Karya Tulis Ilmiah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel