-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

Soal Pretest PPG PAI Sesuai Kisi-Kisi : TO Soal Pretest Bagian 1 Dan Kunci Jawaban

 Berikut ini soal dan kunci jawaban untuk dipelajari sebagai bahan latihan

Kurikulum PAI 2013 dikembangkan atas dasar “pendidikan berdasarkan standar (standar based education dan teori kurikulum berbasis kompetensi (competency base curriculum). Kerangka dasar pengembangan tersebut di dasarkan atas dasar …

A. Landasan Filosofis

B. Landasan teoretis

C. Landasan yuridis

D. Landasan historis

E. Landasan empiris

Kiamat sebagai hari akhir alam semesta memiliki tanda-tandakemunculannya. Tanda kiamat kubro adalah tanda sudah dekatnyahari akhir, yang tidak termasuk tandanya adalah ..

A. Munculnya kabut (dukhan)

B. Munculnya Dajjal

C. Terjadi kecelakaan

D. Terbitnya matahari dari barat

E. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj


Tujuan pembelajaran remedial adalah ...

A. Meningkatkan semangat dan prestasi belajar

B. Menambah motivasi dalam proses pembelajaran

C. Membantu dan menyembuhkan peserta didik yang mengalami kesulitan belajarmelalui perlakuan pengajaran

D. Mempermudah penilaian pembelajaran peserta didik

E. Memperbaiki nilai agar lebih baik dari sebelumnya


Orang beriman perlu mengimani seluruh rukun iman, salah sataunyaadalah Qadha dan Qadar. Qadar menurut bahasa artinya adalah ...

A. Kemauan

B. Ketetapan

C. Kebutuhan

D. Kadar

E. Keadaan


Pekerjaan yang berkualifikasi professional memiliki ciri …

A. Tamat dari universitas ternama

B. Memiliki standart fashion

C. Pendidikan dinaungi negara

D. Jabatan dan Pendidikan relevan

E. Mempunyai teman dekat di kantor


Dalam diri manusia ada dimensi yang mendapat beban syari’ah(taklif), menerima titah syar’i (khitab), ganjaran, siksa, menerimakesenangan dan kesedihan. Adapun dimensi di atas yang dimaksudal-Ghazali dan termasuk substandi adalah…

A. Dimensi jasadi

B. Dimensi ruhani

C. Dimensi ilahi

D. Dimensi badani

E. Dimensi immaterial


Pendidikan Agama Islam akan mengalami kegersangan religiusitas jikamengikuti proses modernisasi yang menjauhkan proses Pendidikandari kandungan-kandungan spiritulitasnya, akibatnya pengetahuanmengalami eksternalisasi dan desakralisasi. Proses pemisahanPendidikan dengan agamanya disebut..

A. Sakralisasi

B. Sekulerisasi

C. Humanisasi

D. Modernisasi

E. Globalisasi


Salah satu tujuan pendidikan Islam adalah pendidikan akal (al-ahdafal-aqliyah) yang mengarah pada perkembangan inteligensi. Dengandemikian, pendidikan berguna untuk mengarahkan manusia sebagaiindividu untuk dapat menemukan kebenaran yang sebenar-benarnya.Menurut Piaget bahwa perkembangan kognitif seorang anak terjadisecara bertahap. Seorang anak tidak dapat menerima pengetahuansecara langsung dan tidak bisa langsung menggunakan pengetahuantersebut, tetapi pengetahuan akan didapat secara bertahap dengancara belajar secara aktif di lingkungan sekolah. pada usia 7-11 tahunanak sudah mampu menyelesaikan tugas-tugas menggabungkan,memisahkan, menyusun, menderetkan, melipat, dan membagi,kemampuan pada usia ini oleh Peaget disebut sebagai ...

A. Tahap operasonal formal

B. Tahap sensorimotorik

C. Tahap praoperasional

D. Tahap operasional konkrit

E. Tahap operasional rutin


Pondasi perkembangan psikososial mencakup emosi danpengalaman awal anak bersama dengan orang tua. Anak memilikikebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain. Kebutuhan sebagaimakhluk sosial ini telah aktif dikembangkan anak sejak lahir, dan padausia 6 bulan anak telah mampu mengenal ibu dan anggota keluargayang sering berinteraksi dengannya. Pada tahap ini pula, anak mulaimampu membedakan sinyal- sinyal ekspresi sosial dari lingkungannya,seperti mengartikan senyum, marah, teriakan, kasih sayang dansebagainya. Sikap anak, utamanya dalam kemampuan sosial danemosi ini akan bersesuaian dengan pengalaman yang diperoleh dariinteraksi meraka dengan orang lain, sehingga emosi memiliki fungsiantara lain...

A. Sebagai bentuk perilaku

B. Sebagai bentuk sosial

C. Sebagai bentuk emosional

D. Sebagai bentuk komunikasi

E. Sebagai bentuk pengetahuan


Salah satu wujud dari akhlak baik adalah amal saleh. Amal saleh yangbermakna menyerahkan segala urusan kepada Allah adalah ..

A. Ikhlas

B. Sabar

C. Jujur

D. Tawakal

E. Iman


Definisi dari penilaian authentic adalah…

A. Bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap,menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajarandalam melakukan tugas pada situasi yang sesungguhnya

B. Proses memberikan atau menentukan bentuk kualitatif kepada atribut ataukarakteristik seseorang, kelompok atau obyek berdasarkan suatu kriteria tertentudalam rangka menafsirkan hasil pengukuran sehingga sehingga tampak jelas posisiatau keadaannya

C. Kegiatan atau proses untuk menentukan sampai sejauh mana kegiatanpembelajaran telah mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan atau dapatdiartikan pula sebagai suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai darihal-hal yang berkaiatan dengan kegiatan pembelajaran, dan yang berakhir denganpengambilan keputusan

D. Kegiatan yang dilakukan untuk mengukur sesuatu, yakni membandingkan sesuatudengan kriteria/ukuran tertentu atau proses pemasangan fakta-fakta suatu obyekukur dengan satuan-satuan ukuran tertentu

E. Kegiatan pengukuran dimensi metakognitif, tidak sekadar mengukur dimensi faktual,konseptual, atau procedural


Analisis butir soal yaitu…

A. Kegiatan menganalisis butir dari taraf sukar, daya beda, fungsi distractor

B. Kegitan merakit butir-butir soal tersebut menjadi satu kesatuan, sehingga menjadisatu alat ukur instrumen final

C. Kegiatan menulis soal sesuai dengan indikator kisi-kisi, indikator sesuai dengankompetensi dasar

D. Kegiatan memperbaiki soal-soal yang diamati terdapat kekurangan

E. Kegiatan merakit butir-butir soal tersebut menjadi satu kesatuan, sehingga menjadisatu alat ukur instrumen final


Pendidikan global mempersiapkan masa depan siswa denganmemberikan keterampilan analisis dan evaluasi yang luas.Keterampilan ini akan membekali siswa untuk memahami danmemberi reaksi terhadap isu internasional dan antarbudaya.Pendidikan global juga mengenalkan siswa dengan berbagai strategiuntuk berperan serta secara lokal, nasional dan internasional.Karenanya, Guru dalam pendidikan global memerlukan pengetahuanakademik dan terapan, agar dapat menghubungkan pengetahuan danketerampilan, dapat lebih kreatif dan adaptif, serta mampumentrasformasikan semua aspek tersebut ke dalam keterampilanyang berharga. Dengan demikian guru dituntut untuk memilikiketrampilan berikut:

A. (1) Keterampilan Berpikir Kritis; (2) Kemampuan Menyelesaikan Masalah; (3)Komunikasi dan Kolaborasi; (4) Kreativitas dan Inovasi; (5) Literasi MediaInformasi, Komunikasi, dan Teknologi

B.  (1) Keterampilan Berpikir Global; (2) Kemampuan Menyelesaikan Masalah; (3)Komunikasi dan Internasional; (4) Kreativitas dan Inovasi; (5) Literasi MediaInformasi, Komunikasi, dan Teknologi

C. (1) Keterampilan Berpikir Logis; (2) Kemampuan Menjawab Tantangan; (3)Komunikasi dan Kolaborasi; (4) Kreativitas dan Inovasi; (5) Literasi Media Informasi,Komunikasi, dan Teknologi

D. (1) Keterampilan Berpikir Kritis; (2) Kemampuan Menyelesaikan Masalah; (3)Demokratis dan Kolaborasi; (4) Kreativitas dan Inovasi; (5) Literasi Media Informasi,Komunikasi, dan Teknologi

E. 1) Keterampilan Berpikir Lokal; (2) Kemampuan Menyelesaikan Masalah; (3)Komunikasi dan Kolaborasi; (4) Digital dan Profesional; (5) Literasi Media Informasi,Komunikasi, dan Teknologi


Fiqih adalah ilmu, sebagaimana ditunjukkan dalam definisi fiqh berikutini:“fiqih adalah ilmu yang membahas hukum-hukum syara’ yangberkaitan dengan perbuatan orang mukallaf yang diperoleh dari dalil-dalil yang terperinci.”Berdasarkan definisi tersebut, pekerjaan mukallaf merupakan hakikat yang dijelaskan fiqih pada unsur:

A. aksiden dengan segala dimensi

B. kualitas

C. kuantitas

D. substansi dan zatnya

E. semuanya benar


“Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,” ungkapan umumini menekankan pentingnya merawat fisik motorik dengan memberiasupan gizi yang seimbang. Selain itu, memerlukan latihan-latihanyang dapat meningkatkan ketrampilan motorik dan kesehatan fisikmereka. Guru juga dituntut untuk memperhatikan hal tersebut,dengan cara mendorong sekolah menyediakan kantin sehat bagiwarganya. Perkembangan motorik yang baik akan mampumeningkatkan perkembangan fisik peserta didik, yang terdiri dari:

A. Sistem syaraf dan otot-otot

B. Kelenjar endokrin

C. Struktur fisik dan sistem syaraf

D. Otot-otot, struktur fisik, dan kelenjar endokrin

E. Semua jawaban benar


Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untukberkomunikasi dan mengembangkan diri termasuk dalam kompetensi...

A. Intelektual

B. Kepribadian

C. Pedagogik

D. Sosial

E. Professional


Pembelajaran remedial adalah…

A. Suatu kegiatan untuk memahami dan meneliti dengan cermat mengenai berbagai kesulitan peserta didik dalam belajar

B. Kegiatan identifikasi kebutuhan peserta didik

C. Kegiatan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang telah mencapaidan/atau melampaui KKM

D. Kegiatan mendapatkan skor yang sama atau di atas skor minimal

E. kegiatan penuntasan pada kompetensi dasar tertentu pada mata pelajaran tertentu


Ragam jiwa manusia salah satunya adalah ruh, ruh bersifat substantifyang menerangi, menyerap, pelaku, penggerak, penyempurnasegenap perangkat jasmani. Oleh filosof muslim ruh tersebut disebut…

A. ruh

B. nafsu

C. akal

D. Jiwa irasional

E. Jiwa rasional


Perkembangan sosial emosional anak memiliki keterkaitan denganaspek perkembangan lainnya, baik fisik maupun mental. Keterkaitantersebut dapat diketahui dari peningkatan kemampuan yang salingmelengkapi. Emosi juga mempengaruhi kegiatan mental sepertikonsentrasi, pengingatan, penalaran. Mungkin anak akanmenghasilkan prestasi di bawah kemampuan intelektualnya, apabilaemosinya terganggu, sedangkan secara psikologis efek dari tekananemosi akan berpengaruh pada sikap, minat, dan dampak psikologislainnya. Proses terjadinya emosi disebutkan melalui lima tahapan,yaitu: elicitors, receptors, state, expression,

A. Variabel stimulus, variabel respon, dan variabel re-stimulus

B. Variabel stimulus, variabel mayor, dan variabel minor

C. Variabel appersepsi, variabel persepsi, dan variabel memori

D. Variabel stimulus, variabel respon, dan variabel reinforcement

E. Variabel stimulus, variabel organik, dan variabel respon


Dalam Islam semua ilmu pengetahuan bersumber dari sumber yangtunggal yaitu Allah, sehingga tidak ada pengetahuan yang tidak diuraidari sumber yang Tunggal tersebut. Al-Ghazali menyebutkan bahwauntuk mengenalkan manusia kepada sumber yang tunggal tersebutmelalui dimensi berikut…

A. Sifat-Nya, Ciptaan-Nya, Makhluk-Nya

B. Asmaul Husna, Ismul A’dhom, Lafdul Jalalah

C. Takholli, Tahalli, Tajalli

D. Perbuatan-Nya, Sifat-Nya, Dzat-Nya

E. Ismul A’dhom, Asmaul Husna


Terdapat banyak nama lain hari kiamat yang akan menggambarkankondisinya pada saat tersebut. Di antara namanya adalah Yaumul Jazayang pada hari kiamat kelak semua manusia akan ..

A. Dihancurkan

B. Diguncangkan

C. Dibalas semua perbuatan

D. Dimusnahkan

E. Dihitung semua amal


Pak Ahmad adalah seorang guru yang baik. Ia selalu menunaikankewajiban mengajar sesuai jadwal yang telah ditentukan. Alasan yangpaling tepat Pak Ahmad melakukan ini karena ..

A. Takut gajinya tidak dibayarkan

B. Takut atasannya marah

C. Takut Allah tidak meridhoinya

D. Takut dimarahi orang tua murid

E. Takut kehilangan profesionlaitas


Umat Islam perlu mendalami makna Asma Al-Husna karenanya adalahbagian dari mengimani Allah. Kata Asma Al-Husna mengandungmakna ...

A. 99 nama

B. Nama yang banyak

C. Nama yang baik

D. Nama-nama Allah

E. Nama-nama Allah yang Baik


Ilmu-ilmu yang ada pada ruang lingkup mata pelajaran PAI (ilmu al-Quran, ilmu hadits, ilmu aqidah, ilmu akhlak, ilmu fiqih, ilmu SKI)dengan memperhatikan cara memperolehnya maka dapatdikategorikan sebagai pengetahuan:

A. Sains

B. Filsafat

C. Wahyu

D. Seni

E. Etika


Berikut ini bukan termasuk fungsi penilaian hasil belajar, yaitu…

A. Penempatan

B. Formatif

C. Kesesuaian

D. Diagnostik

E. Sumatif


Untuk mengahadapi perubahan global yang begitu cepat, perubahankurikulm menjadi sebuah keharusan, sesuai dengan arah dankebijakan, maka aspek yang berkenaan dengan pengembangankurikulum dan penguatan kurikulum satuan Pendidikan harus melakukan re konseptualisasi terhadap kurikulum, kecuali..

A. Ide kurikulum

B. Desain kurikulum

C. Implementasi kurikulum

D. Evaluasi kurikulum

E. Reaktulasisai Kurikulum


Penilaian pembelajaran pada aspek kognitif hendaknya memenuhikriteria: C1-Pengetahuan, C2-Pemahaman, C3-Aplikasi, C4-Analisis,C5-Evaluasi, dan C6-Kreasi. Untuk kategori yang termasukketerampilan berpikir tingkat tinggi adalah ...

A. C1 dan C2

B. C3 dan C4

C. C5 dn C6

D. C3, C4, C5, dan C6

E. C4, C5, dan C6


Allah sebagai Zat yang berhak disembah, dan memiliki nama-namayang indah, hanya boleh menyebut-Nya dengan nama yang Iaperkenankan di antaranya yang beradal dari Asma Al-Husna. Namalain yang tidak diperkenankan untuk menyebut Allah adalah ...

A. Rabb

B. Ilahi

C. Al-Malik

D. Gusti Pangeran

E. Ar-Rahman


Suatu tahap dimana guru harus memikirkan tentang perbaikan danpenyempurnaan proses pembelajaran, disebut tahap…

A. Implementasi

B. Orientasi

C. Motivasi

D. Evaluasi

E. Tindak lanjut


Pemecahan masalah tidak dapat dilepaskan dari keterampilan berpikirkritis karena keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilanfundamental dalam memecahkan masalah. Berikut ini yang sesuaidengan urutan langkah metode pemecahan masalah adalah...

A. (1) Merumuskan masalah, yakni kemampuan dalam menentukan masalah yang akandipecahkan (2) Merumuskan hipotesis, yakni langkah dalam merumuskanpemecahan masalah berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya (3) Menganalisismasalah, yakni langkah meninjau masalah secara kritis dari berbagai sudut pandang(4) Mengumpulkan data, yakni langkah untuk mencari informasi dalam upayapemecahan masalah (5) Pengujian hipotesis, yakni langkah untuk merumuskankesimpulan sesuai dengan penerimaan dan penolakan hipotesis yang diajukan (6)Merumuskan rekomendasi pemecahan masalah, yakni langkah menggambarkanrumusan hasil pengujian hipotesis dan rumusan kesimpulan

B. (1) Merumuskan masalah, yakni kemampuan dalam menentukan masalah yang akandipecahkan (2) Mengumpulkan data, yakni langkah untuk mencari informasi dalamupaya pemecahan masalah (3) Merumuskan hipotesis, yakni langkah dalammerumuskan pemecahan masalah berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya (4)Menganalisis masalah, yakni langkah meninjau masalah secara kritis dari berbagaisudut pandang (5) Pengujian hipotesis, yakni langkah untuk merumuskankesimpulan sesuai dengan penerimaan dan penolakan hipotesis yang diajukan (6)Merumuskan rekomendasi pemecahan masalah, yakni langkah menggambarkanrumusan hasil pengujian hipotesis dan rumusan kesimpulan

C. (1) Merumuskan hipotesis, yakni langkah dalam merumuskan pemecahan masalahberdasarkan pengetahuan yang dimilikinya (2) Merumuskan masalah, yaknikemampuan dalam menentukan masalah yang akan dipecahkan (3) Menganalisismasalah, yakni langkah meninjau masalah secara kritis dari berbagai sudut pandang(4) Mengumpulkan data, yakni langkah untuk mencari informasi dalam upayapemecahan masalah (5) Pengujian hipotesis, yakni langkah untuk merumuskankesimpulan sesuai dengan penerimaan dan penolakan hipotesis yang diajukan (6)Merumuskan rekomendasi pemecahan masalah, yakni langkah menggambarkanrumusan hasil pengujian hipotesis dan rumusan kesimpulan

D. (1) Mengumpulkan data, yakni langkah untuk mencari informasi dalam upayapemecahan masalah (2) Menganalisis masalah, yakni langkah meninjau masalahsecara kritis dari berbagai sudut pandang (3) Merumuskan hipotesis, yakni langkahdalam merumuskan pemecahan masalah berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya(4) Merumuskan masalah, yakni kemampuan dalam menentukan masalah yang akandipecahkan (5) Pengujian hipotesis, yakni langkah untuk merumuskan kesimpulansesuai dengan penerimaan dan penolakan hipotesis yang diajukan (6) Merumuskanrekomendasi pemecahan masalah, yakni langkah menggambarkan rumusan hasilpengujian hipotesis dan rumusan kesimpulan

E. (1) Merumuskan masalah, yakni kemampuan dalam menentukan masalah yang akan dipecahkan (2) Menganalisis masalah, yakni langkah meninjau masalahsecara kritis dari berbagai sudut pandang (3) Merumuskan hipotesis, yaknilangkah dalam merumuskan pemecahan masalah berdasarkan pengetahuanyang dimilikinya (4) Mengumpulkan data, yakni langkah untuk mencari informasidalam upaya pemecahan masalah (5) Pengujian hipotesis, yakni langkah untukmerumuskan kesimpulan sesuai dengan penerimaan dan penolakan hipotesisyang diajukan (6) Merumuskan rekomendasi pemecahan masalah, yakni langkahmenggambarkan rumusan hasil pengujian hipotesis dan rumusan kesimpulan


Kognitif adalah istilah yang digunakan oleh ahli psikologi untukmenjelaskan semua aktivitas mental yang berhubungan denganpersepsi, pikiran, ingatan dan pengolahan informasi yangmemungkinkan seseorang memperoleh pengetahuan, memecahkanmasalah, dan merencanakan masa depan, atau semua prosespsikologis yang berkaitan bagaimana individu mempelajari,memperhatikan, mengamati, membayangkan, memperkirakan, menilaidan memikirkan lingkungannya. Pada tahap operasional formal, Piagetmenggarisbawahi bahwa anak-anak telah dapat berpikir tingkattinggi, seperti berpikir secara deduktif, induktif, menganalisis,mensintesis, mampu berpikir secara abstrak dan secara reflektif,serta mampu memecahkan berbagai masalah. Tahap ini terjadi pada usia ...

A. 10-11 tahun

B. 12-14 tahun

C. 11-15 tahun

D. 9-13 tahun

E. 10-14 tahun


Jika penentuan nilai menitikberatkan kepada kemampuan pesertadidik setelah menyelesaikan satu atau beberapa pokok bahasan,maka pendekatan yang digunakan adalah…

A. Pendekatan acuan norma

B. Pendekatan acuan patokan

C. Pendekatan gabungan

D. Pendekatan relative

E. Pendekatan individual


Pada hakikatnya manusia itu terdiri dari dua dimensi yaitu dimensijasmani (badan) dan dimensi jiwa (ruhani) dan keduanya memilikiperbedaan. Yang dimaksud dengan badan adalah …

A. Materi gelap yang kasar, tersusun, bersifat tanah, tidak berfungsi keberadaanyakecuali dengan ruh

B. Materi halus, tersusun dari ‘aqal, nafsu, dan ruh

C. Materi yang kasar dan berdiri sendiri tanpa butuh ruh

D. Materi utuh terbuat dari tanah, bisa hidup tanpa ruh

E. Materi yang diciptakan seperti alam semesta kedua-duanya kekal


Struktur mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di dalam kurikulummeliputi aspek al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih dan SejarahKebudayaan Islam. Yang menjadi titik tekan untuk mempu mengambilmengambil ibrah atau hikmah serta meneladani tokoh berprestasiserta mengaitkannya dengan fenomena social, budaya, politik,ekonomi, iptek, dan seni merupakan karakteristik dari mata pelajaran…

A. Akidah Akhlak

B. Akhlak

C. Fikih

D. Qur’an hadis

E. SKI


Berikut ini adalah lima langkah berpikir kritis, yang dibutuhkan olehguru PAI abad 21:

A. (1) Memberikan penjelasan secara sederhana (meliputi: memfokuskan pertanyaan,menganalisis pertanyaan, bertanya dan menjawab pertanyaan tentang suatupenjelasan); (2) Menyimpulkan (meliputi: mendeduksi dan mempertimbangkan hasildeduksi, menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi, membuat danmenentukan nilai pertimbangan); (3) Membangun keterampilan dasar (meliputi:mempertimbangkan apakah sumber dapat dipercaya atau tidak, mengamati danmempertimbangkan suatu laporan hasil observasi); (4) Memberikan penjelasanlanjut (meliputi: mendefinisikan istilah dan pertimbangan definisi dalam tigadimensi, mengidentifikasi asumsi); (5) Mengatur strategi dan taktik (meliputi:menentukan tindakan, berinteraksi dengan orang lain).

B. (1) Membangun keterampilan dasar (meliputi: mempertimbangkan apakah sumberdapat dipercaya atau tidak, mengamati dan mempertimbangkan suatu laporan hasilobservasi); (2) Memberikan penjelasan secara sederhana (meliputi: memfokuskanpertanyaan, menganalisis pertanyaan, bertanya dan menjawab pertanyaan tentangsuatu penjelasan); (3) Menyimpulkan (meliputi: mendeduksi dan mempertimbangkanhasil deduksi, menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi, membuat danmenentukan nilai pertimbangan); (4) Memberikan penjelasan lanjut (meliputi:mendefinisikan istilah dan pertimbangan definisi dalam tiga dimensi,mengidentifikasi asumsi); (5) Mengatur strategi dan taktik (meliputi: menentukantindakan, berinteraksi dengan orang lain).

C. (1) Memberikan penjelasan secara sederhana (meliputi: memfokuskanpertanyaan, menganalisis pertanyaan, bertanya dan menjawab pertanyaantentang suatu penjelasan); (2) Membangun keterampilan dasar (meliputi:mempertimbangkan apakah sumber dapat dipercaya atau tidak, mengamati danmempertimbangkan suatu laporan hasil observasi) (3) Menyimpulkan (meliputi:mendeduksi dan mempertimbangkan hasil deduksi, menginduksi danmempertimbangkan hasil induksi, membuat dan menentukan nilaipertimbangan); (4) Memberikan penjelasan lanjut (meliputi: mendefinisikanistilah dan pertimbangan definisi dalam tiga dimensi, mengidentifikasi asumsi);(5) Mengatur strategi dan taktik (meliputi: menentukan tindakan, berinteraksidengan orang lain)

D. (1) Mengatur strategi dan taktik (meliputi: menentukan tindakan, berinteraksi denganorang lain); (2) Membangun keterampilan dasar (meliputi: mempertimbangkanapakah sumber dapat dipercaya atau tidak, mengamati dan mempertimbangkansuatu laporan hasil observasi); (3) Memberikan penjelasan secara sederhana(meliputi: memfokuskan pertanyaan, menganalisis pertanyaan, bertanya danmenjawab pertanyaan tentang suatu penjelasan); (4) Memberikan penjelasan lanjut(meliputi: mendefinisikan istilah dan pertimbangan definisi dalam tiga dimensi,mengidentifikasi asumsi); (5) Menyimpulkan (meliputi: mendeduksi danmempertimbangkan hasil deduksi, menginduksi dan mempertimbangkan hasilinduksi, membuat dan menentukan nilai pertimbangan).

E. (1) Memberikan penjelasan secara sederhana (meliputi: memfokuskan pertanyaan,menganalisis pertanyaan, bertanya dan menjawab pertanyaan tentang suatupenjelasan); (2) Membangun keterampilan dasar (meliputi: mempertimbangkanapakah sumber dapat dipercaya atau tidak, mengamati dan mempertimbangkansuatu laporan hasil observasi); (3) Memberikan penjelasan lanjut (meliputi:mendefinisikan istilah dan pertimbangan definisi dalam tiga dimensi,mengidentifikasi asumsi); (4) Menyimpulkan (meliputi: mendeduksi danmempertimbangkan hasil deduksi, menginduksi dan mempertimbangkan hasilinduksi, membuat dan menentukan nilai pertimbangan); (5) Mengatur strategi dantaktik (meliputi: menentukan tindakan, berinteraksi dengan orang lain).


Akhlak kepada diri sendiri adalah salah satu hal yang perludiperhatikan sebelum berakhlak kepada orang lain. Salah satu akhlakkepada diri sendiri adalah adanya komitmen yang kuat dalam hati danselalu berada dalam jalan yang lurus. Akhlak ini adalah wujud dari ..

A. Dawwam

B. Taat

C. Sabar

D. Istiqamah

E. Tawakal


Perkembangan pengetahuan dan teknologi atau peradaban modernyang tak terkendali akan menjadi masalah yang serius bagi Pendidikanagama islam, jika wacana pengatahuan dan teknologi berjalan tanpakendali agama. Salah satu tokoh pioneer peradaban modern yangmenolak segala kebenaran yang tidak rasional dan tidak bisa diverifikasi adalah …

A. Rene Descartes

B. Aristoteles

C. Palto

D. Al-Farabi

E. Al-Ghazali

Yang bukan termasuk penggolangan tes berdasarkan fungsinyasebagai alat pengukur perkembangan peserta didik, yaitu ..

A. Tes seleksi

B. Tes akhir

C. Tes diagnostik

D. Tes formatif

E. Psikotes


Ibnu Maskawaih mengemukakan ada tiga kekuatan dalam jiwamanusia yang dapat membentuk akhlak. Salah satu dari tiga kekuatantersebut adalah Quwwah al-Ilmi, kekuatan ini adalah ..

A. Kekuatan yang berasal dari akal

B. Kekuatan menolak yang tidak disenangi

C. Keinginan kesenangan batin

D. Keinginan kesenangan zahir

E. Kekuatan keseimbangan


Anak-anak sejak lahir telah memperoleh perhatian yang baik dariorang tua mereka, tentu saat mereka memasuki usia sekolah, paraguru berkewajiban memberi perhatian dan bimbingan kepada anak-anak tersebut. Hal ini meniscayakan bagi guru untuk selalumemperhatikan berbagai aspek perkembangan peserta didiknya.Perkembangan peserta didik pada masa awal memiliki beragamketrampilan fisik yang harus terus dilatih, baik di lingkungan keluargamaupun lingkungan sekolah. tanggung jawab ini membutuhkanperhatian yang baik, terutama berkaitan dengan perkembangan fisikpsikomotorik peserta didik. Dua hal yang menjadi fokus latihanperkembangan motorik peserta didik adalah:

A. Ketrampilan fisik halus dan ketrampilan motorik kasar

B. Psikomotorik kasar dan ketrampilan fisik halus

C. Ketrampilan motorik kasar dan ketrampilan psikomotorik halus

D. Ketrampilan motorik halus dan ketrampilan motorik kasar

E. Fisik yang halus dan ketrampilan motorik


Islam menegaskan manusia diciptakan beragam agar saling kenalmengenal (QS. al-Hujurat:13); manusia harus saling tolong menolong(Q.S. al-Maidah 2); sesama orang-orang yang beriman itu bersaudara(QS. Al-Hujurat: 10); dan kaum muslim itu adalah umat yang satu (QS.Al-Anbiya: 92), kesemuanya berimplikasi pada guru harusmenanamkan rasa kebersamaan dan peserta didik dapatmenyesuaikan diri baik sebagai individu maupun dalam kehidupansosialnya. Perkembangan sosial peserta didik adalah tingkatan jalinaninteraksi anak dengan orang lain, mulai dari orang tua, saudara, temansebaya, hingga masyarakat secara luas, oleh karena ituperkembangan sosial juga diartikan sebagai ...

A. Perolehan kemampuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial

B. Perolehan pengetahuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan moral

C. Perolehan cara berperilaku yang sesuai dengan tuntutan lingkungan

D. Perolehan tata cara berperilaku yang sesuai dengan tuntutan norma agama

E. Perolehan tindakan yang sesuai dengan ajaran di sekolah


Secara fisik, terdapat perbedaan antara siswa laki-laki dengan siswaperempuan. Perbedaan itu sudah mulai terlihat sejak lahir hingga usiadewasa. Kemampuan guru untuk menempatkan perbedaan itudengan memperhatikan perkembangan motorik peserta didiknya,menjadi bagian dari strategi pembelajaran guna mengefektifkan danmeningkatkan prestasi belajar peserta didik mereka. Perkembanganmotorik dari masa ke masa tentu berbeda dan cenderung meningkat,sehingga antara lompatan anak-anak di usia empat dan lima jugamengalami perbedaan, yaitu

A. Anak usia 4 tahun dapat melompat 24-33 inchi, sedangkan anak usia 5 tahundapat melompat 28-36 inchi

B. Anak usia 4 tahun dapat melompat 18-20 inchi, sedangkan anak usia 5 tahun dapatmelompat 24-35 inchi

C. Anak usia 4 tahun dapat melompat 25-28 inchi, sedangkan anak usia 5 tahun dapatmelompat 28-37 inchi

D. Anak usia 4 tahun dapat melompat 22-36 inchi, sedangkan anak usia 5 tahun dapatmelompat 40-52 inchi

E. Anak usia 4 tahun dapat melompat 28-38 inchi, sedangkan anak usia 5 tahun dapatmelompat 38-48 inchi


Para Nabi adalah utusan Allah yang dibekali mukjizat oleh Allah dalamrangka melindungi dan menolong proses dakwahnya. Secara bahasaMukjizat berarti ..

A. Mistis

B. Menakjubkan

C. Kekuatan

D. Ghaib

E. Kemampuan


Kegiatan yang dilakukan untuk mengukur sesuatu, yaknimembandingkan sesuatu dengan kriteria/ukuran tertentu atau prosespemasangan fakta-fakta suatu obyek ukur dengan satuan-satuan ukuran tertentu disebut..

A. Evaluasi

B. Penilaian

C. Scoring

D. Pengukuran

E. Tes


Melakukan analisis butir soal, dilakukan setelah…

A. Menulis soal

B. Menyusun spesifikasi tes

C. Melakukan ujicoba tes

D. Menelaah soal tes

E. Memperbaiki tes


Berpikir kritis dan analitis merupakan ciri-ciri dari…

A. LOTS dan MOTS

B. MOTS dan HOTS

C. HOTS

D. MOTS

E. LOTS


Berbeda dengan Piaget, perkembangan kognitif menurut Vygotskylebih menekankan pada konsep sosiokultural, yaitu konteks sosial daninteraksi dengan orang lain dalam proses belajar anak. Vygotsky jugayakin suatu pembelajaran tidak hanya terjadi saat di sekolah atau dariguru saja, tetapi suatu pembelajaran dapat terjadi saat siswa bekerjamenangani tugas-tugas yang belum pernah dipelajari di sekolahnamun tugas-tugas itu bisa dikerjakannya dengan baik, misalnya dimasyarakat. Salah satu aspek perkembangan kognitif yang sangatpenting bagi proses belajar peserta didik di sekolah yaituketerampilan kognitif, yakni suatu kemampuan dalam ...

A. Menata dan menganalisis pikiran dalam mengolah pertemanan

B. Menata dan menyimpulkan pikiran dalam mengolah bahan ajar

C. Menata dan menyederhanakan pikiran dalam mengolah perilaku

D. Menata dan menggunakan pikiran dalam mengolah informasi

E. Menata dan memanfaatkan pikiran dalam mengolah kegiatan


Rasulullah saw. diutus ke dunia untuk memperbaiki akhlak umatnya agar memiliki akhlak mulia. Yang bukan pengertian akhlak secara bahasa adalah...

A. budi pekerti

B. perangai

C. amalan

D. sopan santun

E. tabiat


Soal Pretest bagian 2 dan kunci jawabannya

1 Response to "Soal Pretest PPG PAI Sesuai Kisi-Kisi : TO Soal Pretest Bagian 1 Dan Kunci Jawaban"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel