-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

Lanjutan Soal TO 4

Mengasosiasi atau memproses informasi untuk menemukanketerkaitan satu informasi dengan informasi lainnya, menemukan poladari keterkaitan informasi dan bahkan mengambil berbagaikesimpulan dari kumpulan data yang telah ditemukan. Strategi yangdapat digunakan guru dalam kegiatan mengasosiasi pada modelpembelajaran inquiry learning maupun problem based learning dengan cara Peserta didik menuangkan hasil diskusi dalam bentuk gambar atau poster:

a. Small Group Discussion (Diskusi Kelompok Kecil)

b. Everyone is a Teacher Here (Setiap Orang Menjadi Guru)

c. The Power of Two & Four (Menggabung 2 dan 4 Kekuatan)

d. Point-Counter Point (Beradu Pandangan sesuai Perspektif)

e. Poster Session (MembuatPoster)


Pak Mahfudz sebagai guru mata pelajaran PAI kelas VII SMPN 1Surabaya, melaksanakan penilaian tengah semester terdiri atas (a) 40soal pilihan ganda dengan option 5, bobot 40, dan (b) 5 soal uraianbobot 60. Seorang peserta didik bernama Hidayat mampumengerjakan soal diatas dengan hasil berikut : A pilihan ganda =dijawab benar 35, salah 4, dan tidak dijawab 1. B uraian = dijawabbenar (STP) 80 dari skor total maksimum (STM) 100. Berapakah total nilai yang diperoleh Hidayat, jika dihitung dengan menggunakan denda?

A. 75

B. 77

C. 82

D. 83

E. 85

Penjelasan :

Setiap soal PG yang benar mendapat point 5, Salah -1 dan tidak dijawab 0

Maka Skor perolehan PG = (35x5) - (4x1) - (1 x 0) = 171

Skor maksimal PG adalah 40 x 5 = 200

Maka Skor PG = (skor perolehan/skor maksimal) x bobot PG = 171/200 X 40 = 34,2

Skor Uraian = (skor perolehan/skor maksimal) x bobot = 80/100 x 60 = 48

Jadi nilai yang diperoleh = Skor PG + Skor Uraian = 34,2 + 48 = 82,2 dibulatkan jadi 82

                        

Pak faizin selalu mencatat tingkah laku yang tampak (kelebihan ataukekurangan) peserta didik kemudian beliau juga mempersiapkanlembar observasi agar peserta didik dapat menilai teman sebangkunya. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan penilian yang utuhyang berkaitan dengan penilaian sikap peserta didik. dan dari hasilcatatan tersebut bisa menjadi acuan penilaian sikap peserta didik.Dari ilustrasi diatas, dapat diketahui bahwa pak faizin menggunakaninstrument penilaian sikap dalam bentuk………

A. Jurnal dan Penilaiandiri

B. Observasi dan penilaian antar teman

C. Jurnal dan penilaian antar teman

D. Jurnal danwawancara

E. Observasi dan penilaian diri


Setelah membuat proposal PTK maka Bu Mira membuat langkah yang sistemik terdiri dari 

(1) Implementasi tindakan intervensi 

(2) Laporan hasil penelitian

(3) identifikasi dan perumusan masalah

(4) susunan organisasi tim peneliti

Coba urutkan dengan benar langkah-langkah tersebut.

A. (3) (2) (1)(4)

B. (2) (3) (4) (1)

C. (3) (4) (1) (2)

D. (1) (2) (3)(4)

E. (3) (4) (2) (1)


Dalam sebuah karya tulis yang sifatnya sistimatis, obyektif, cermat,tepat, benar, tidak persuasive, tidak argumentative, tidak emotif, tidakmengejar keuntungan sendiri dan tidak melebih-lebihkan sesuatuadalah ciri-ciri dari…

A. Tesis

B. Karya Ilmiah

C. Skripsi

D. Usulan Penelitian

E. Disertasi


Dalam sebuah karya tulis ilmiah selain mementingkan metodologi penulisan,syarat-syarat dari sebuah karya ilmiah penulisan juga harusmenemukan paradigma baru tentang suatu ilmu, Karya tulis demikian disebut…

A. Simposium

B. Tesis

C. Disertasi

D. UsulanPenelitian

E. KaryaIlmiah


Dalam pelaksanaan program pengayaan dapat dilakukan melaluiberbagai metode, diantaranya yaitu dalam bentuk belajar mandiri danbelajar kelompok. Salah satu bentuk belajar mandiri yang merupakankolaborasi dari program remedial dan pengayaan yaitu...

A. Tugas Proyek dan Pemadatan Kuikulum

B. Tugas Proyek dan Penelitian Ilmiah

C. Tutor sebaya dan Pengembangan Latihan

D. Tutor Sebaya dan Penelitian Ilmiah

E. Tutor Sebaya dan Pemadatan Kurikulum


Keberhasilan proses pembelajaran tidak hanya dilihat dari hasilbelajar tetapi juga dilihat dari prosesnya. Guru perlu mengubahstrategi pembelajaran dengan menggunakan metode dan pendekatanyang bervariasi dan lebih bersifat eksploraif, menggeserpembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) menjadistudent centered (berpusat pada siswa) serta mendorong siswamenjadi kreatif. Berikut ini yang merupakan konsep pembelajaranyang sesuai dengan abad 21, adalah...

A. Holistik

B. Kontekstual

C. Futuristik

D. Semua Benar


Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan,yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan,menantang, memotivasi peserta didik untuk secara aktif menjadipencari informasi, serta memberikan ruang yang cukup bagiprakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minatdan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan intidalam kurikulum 2013 menggunakan pendekatan santifik yangmeliputi tahaan kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,mengasosiasi dan mengomunikasikan. Tahapan dimana guru Gurumemfasilitasi peserta didik untuk memperhatikan hal- hal yangpenting dari suatu benda atau objek pendidikan agama Islam,misalnya, menyimak video qiroah atau film Islami disebuta tahapan:

A. Mengamati

B. Menanya

C. Mengeksplorasi

D. Mengasosiasi

E. Mengomunikasi


Di dalam sebuah kelas IV pada pembelajaran materi bertayammum,siswa sangat kesulitan dalam memahami dan mengaplikasikan materidalam kehidupan sehari- hari karena metode yang digunakan hanyaberceramah, Bu Ima sebagai guru PAI mencoba untuk menggunakanmetode pembelajaran yang lain yaitu menggunakan metodecooperative Team Teaching, dan hasil belajar yang diperoleh siswasangat significant dan berhasil, langkah yang digunakan bu Imaadalah sesuai dengan…

A. Prinsip PTK

B. Tujuan PTK

C. Pengertian PTK

D. Karakteristik PTK

E. Ciri PTK


Banyak tehnik yang dapat digunakan untuk melakukan pemantauandalam penelitian tindakan kelas , penggunaan setiap Teknik tentu sajaditentukan oleh sifat dasar data yang dikumpulkannya. Riwayattertulis, deskriptif, longitudinal tentang apa yang dikatakan ataudilakukan perseorangan dalam kelas anda dalam suatu jangka waktu dinamakan…

A. Catatan Anekdot

B. Catatan Lapangan

C. Deskripsi Perilaku Ekologis

D. Analisis Dokumentasi

E. Catatan Harian


Pembelajaran kontekstual merupakan sebuah konsep belajarmengajar dimana seorang guru menghadirkan situasi yang nyatadidalam kelas serta melibatkan siswa secara penuh untuk menemukanmateri yang akan dipelajari. Sedangkan konsep pembelajaranfuturistik lebih menekankan bagaiman mempersiapkan diri sehinggadapat memanfaatkan peluang yang terbuka di dalam era globalisasi.Sehingga trend pembelajaran dimungkinkan dengan siswa yangsudah membawa banyak informasi yang dakses dari luar kelastermasuk dunia maya. Dibawah ini yang bukan model pembelajaran yang merupakan aplikasi pembelajaran kontekstual antaralain adalah…

A. Pembelajaran Contructivisme

B. Pembelajaran langsung (direct instruction),

C. Cooperative learning

D. Pembelajaran berbasis masalah

E. Problem based learning.


Setelah mengerahui latar belakang permasalahan kesulitan belajarsiswa dikelas V, maka langkah selanjutnya yang dilakukan oleh Ibu Imaadalah…

A. Merumuskan Tujuan PTK

B. Merumuskan Permasalah PTK

C. Melakukan Tindakan yang akan dilakukan

D. Mencari Metode yang sesuai

E. Memilih Strategi Penelitian


Persyaratan pengumpulan data, harus memiliki kriteria tertentu,seperti validitas, reliabili-tas, dan kegunaan . Juga harus memilikiTeknik pengumpulan data. Menurut pendapat Wolcot (1992) bahwaTeknik pengumpulan data,yaitu:

A. Pengalaman, pengungkapan, pembuktian

B. Pengungkapan, masalah, pembuktian

C. Pembuktian, masalah, pengungkapan

D. Pengalaman, masalah, pembuktian


Soal HOTS merupakan instrument pengukuran yang digunakan untukmengukur kemampuan tingkat tinggi, karakteristik soal HOTS salahsatunya adalah sebagai berikut, kecuali….

A. Berbasis Kontekstual.

B. Menggunakan bentuk soal yang tunggal.

C. Bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan HOTS.

D. Proses penilaian terintegrasi dengan proses pembelajaran dan bersifat on going.

E. Bentuk soal yang banyak.


A. Poster

B. Surat kabar

C. Animasi yang disajikan dalam slide PPT

D. Cerita bergambar

E. Buku Pelajaran


Dalam kegiatan menanya guru melakukan kegiatan dengan membagikan kertas kepada setiap peserta didik dan mintalah mereka untuk menuliskan sebuah pertanyaan tentang materi pokok yang telah atau sedang dipelajari, kemudian kertas dikumpulkan dan dibagi acak kepada peserta yang lain. Siswa diminta memahami pertanyaan dan memikirkan jawabannya. Lalu guru menunjuk sukarelawan membaca soal dan mengutarakan jawabannya. Apa strategi pembelajaran yangdigunakan guru tersebut:

a. Small Group Discussion (Diskusi Kelompok Kecil)

b. Everyone is a Teacher Here (Setiap Orang Menjadi Guru)

c. The Power of Two & Four (Menggabung 2 dan 4 Kekuatan)

d. Point-Counter Point (Beradu Pandangan sesuai Perspektif)

e. Poster Session (Membuat Poster)


a. Tujuannya adalah terbentuknya manusia seutuhnya dan masyarakat seutuhnya. b. Materi pembelajarannya mengandung kesatuan pendidikan jasmani-ruhani, mengasah kecerdasan intelektual-spritual-emosional, kesatuan materi pendidikan teoritis –praktis,kesatuan materi pendidikan pribadi-sosial-ketuhanan. c.Proses pendidikannya mengutamakan kesatuan kepentingan anak didik dan masyarakat. d. Evaluasi Pendidikannya mementingkan tercapainya perkembangan anak didik dalam bidang penguasaan ilmu, sikap, dan keterampilan. Pernyataan tersebut di atas merupakan ciri – ciri pembelajaran .....

A. Holistik

B. Futuristik

C. Kontekstual

D. Direct learning

E. InquiryLearning


Dalam pembelajaran abad 21 pembelajaran berbasis TIK merupakanupaya memanfaatkan kemajuan TIK untuk mendukung prosespembelajaran.TIK berperan sebagai alat bantu bukan sebagai subyekutama. TIK berperan sebagai media penghubung untukmenyampaikan transfer ilmu pengetahuan dari pendidik kepadapeserta didik. Berikut ini contoh RPP yang tepat dalam memanfaatkanteknologi dan media informasi abad 21 adalah dengan menggunakanmetode pembelajaran…

A. Metode : ceramah dan diskusi, Media : gambar

B. Metode : diskusi, Tanya jawab dan penugasan, Media : audio visual/Video

C. Metode : Tanya jawab, ceramah dan penugasan, Media :audio

D. Metode ceramah, diskusi, Media : alam sekitar

E. Metode : diskusi, Tanya jawab dan penugasan, Media : buku siswa


Bu Ani adalah seorang guru Pendidikan Agama Islam di sebuah Sekolah Dasar Negeri. Saat pembelajaran di Kelas 6 semester 1 Pelajaran 1 tentang membacaQ.S al-Kafirun, ternyata hampir semua siswa mengalami kesulitan membaca dengan benar ayat-ayat dari Q.S al-kafirun seuai kaidah ilmu tajwid yang benar tentang Mad Jaiz Munfashil. Oleh karena itu Bu Ani akan melakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk masalah ini.Dari bacaan di atas solusi yang dilakukan oleh Bu Ani agar semua siswanya bisa membaca Q.S al-Kafirun sesuai kaidah ilmu tajwid Mad Jaiz Munfashil adalah..

A. Mengubah cara mengajar yang benar

B. Mengubah metode pembelajaran yang sesuai

C. Mengubah pendekatan pembelajaran yang sesuai

D. Mengubah langkah-langkah pembelajaran yang benar

E. Mengubah strategi pembelajaran yang sesuai


Pelajari soal lainnya

https://www.belajarpai.my.id/2022/05/to-soal-pretest-bagian-2-dan-kunci.html 


Pre Test PPG PAI


0 Response to "Lanjutan Soal TO 4"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel