-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

Portofolio Peserta PPG Dalam Jabatan Guru PAI

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan untuk Guru PAI segera akan dilaksanakan setelah pengumuman hasil seleksi akademik atau Pretest PPG. Adapun berdasarkan pengalaman sebelumnya pada tahun 2021 banyak hal yang harus disiapkan terutama tugas portofolio sebagai rekam jejak bapak ibu selama menjadi guru PAI. Diantara berkas portofolio yang pernah peserta PPG minta ke admin belajarpai pada tahun 2021 sebagai berikut ini.



Gambar di atas merupakan isi folder portofolio yang pernah admin kirimkan secara gratis kepada peserta PPG tahun 2021 sebagai ikhtiar kecil membantu suksesnya rekan-rekan guru PAI dalam kelulusan PPG terutama menjelang mengikuti UP atau tes akhir penentuan kelulusan.

Jika dirinci bapak ibu guru PAI yang akan mengikuti PPG harus menyiapkan antara lain :

1. Karya Tulis Ilmiyah misalnya best practice, PTK, Modul, Buku, dll

2. Perangkat Pembelajaran (Silabus, Prota, Prosem,RPP, KKM, Pemetaan materi, dll)

3. Lembar Kerja Peserta Didik

4. Sertifikat dan Laporan Pengembangan Diri

Jika digambarkan hampir mirip dengan penyiapan berkas kenaikan pangkat dan golongan di PNS. Ya memang sebetulnya portofolio tersebut merupakan rekam jejak kita dalam menjalankan profesi selama ini sebagai guru PAI, yang tak lepas dari 4 kompetensi yaitu paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Maka rekan jejak 4 kompetensi tersebut dikumpulkan dan disatukan dalam berkas portofolio. 

Jika selama menjadi guru melaksanakan semua yang ada dalam berkas portofolio, tentu akan mudah mengumpulkannya karena semua sudah tersedia di laptop atau dalam bentuk prin outnya. Karena sudah pernah dibuat dan dikerjakan. 

Namun akan menjadi kendala dan kebingungan jika semua berkas tersebut belum ada dalam laptop dan ada beberapa yang belum pernah dikerjakan. Tentu akan menambah beban stress jika tidak pandai mengendalikannya. Oleh karena itu sebagai rasa empati dan membantu bapak ibu guru PAI, dengan senang hati admin berusaha semampunya mengulurkan bantuan yang tidak seberapa ini. Semata-mata agar para guru PAI yang mengikuti PPG dapat diringankan sedikit bebannya dan dapat mengikuti UP dan lulus dengan nilai terbaik.

Alhamdulilah sangat senang dan gembira rekan-rekan berhasil lulus PPG tahun 2021 dan sekarang sudah menikmati Tunjangan Profesi Guru. Semoga semakin berkah dan meningkat kompetensinya.

Aamiin...!

Peserta PPG 2023

1 Response to "Portofolio Peserta PPG Dalam Jabatan Guru PAI "

  1. MasyaAllah semoga ilmu nya berkah dunia akhirat 🤲

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel