VIBE ONLINE
Vibe Online merupakan sebuah inovasi media pembelajaran kreasi dari seorang guru PAI Syamsul Wardani. Vibe online media pembelajaran yang mengakomodasi pembelajaran berdiferensiasi melalui diferensiasi konten, proses dan produk. VIBE Online terdiri dari dua kata yaitu
Vibe dan Online. VIBE merupakan kepanjangan dari video blog evaluasi, sedangkan
online artinya dalam jaringan dimana
keadaan komputer atau gadget yang
terkoneksi/ terhubung ke jaringan Internet. VIBE Online adalah suatu
media yang membantu proses pembelajaran dengan bantuan video, blog dan evaluasi
secara online.
a. Video
Pembelajaran
Video digunakan
sebagai apersepsi untuk mengantar peserta didik pada materi yang akan dibahas.
Sumber video kebanyakan diambil dari you tube atau koleksi pribadi. Sedangkan
Blog digunakan untuk menyematkan video dan materi pembejaran serta link
evaluasi online.
Menurut Dwyer, video mampu merebut
94% saluran masuknya pesan atau informasi kedalam jiwa manusia melalui mata dan
telinga serta mampu untuk membuat orang pada umumnya mengingat 50% dari apa
yang mereka lihat dan dengar dari tayangan program. Pesan yang disampaikan
melalui media video dapat mempengaruhi emosi yang kuat dan juga dapat mencapai
hasil cepat yang tidak dimiliki oleh media lain.
Menurut Cheppy
Riyana (2007:6) media video pembelajaran sebagai bahan ajar bertujuan untuk :
b. Memperjelas dan mempermudah penyampaian
pesan agar tidak terlalu verbalistis
c. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan
daya indera peserta didik maupun guru.
b.
Blog
Blog adalah
singkatan dari weblog. Blog adalah jenis situs web yang dikembangkan dan
dikelola oleh individu dengan mengunakan perangkat lunak (software) online atau
Platform host yang sangat mudah pengguna, dengan ruang untuk menulis. Blog
menampilkan publikasi online instan dan mengajak publik untuk membaca dan
memberikan umpan balik sebagai komentar.
Blog adalah semacam buku harian online. Pemilik blog biasanya menuliskan berbagai catatannya kedalam blog miliknya, seperti halnya buku harian. hasil dari tulisan itu dapat dilihat secara online melalui internet.Selain itu pengunjung blog juga bisa memberikan komentarnya pada tulisan pemilik blog. Selain tulisan dapat pula ditambahkan gambar, video, bahkan bisa pula mengupload file. sehingga pengunjung dapat mendownload file yang kita masukkan.
Blog sangat cocok untuk menyimpan bahan ajar dan digunakan sebagai media pembelajaran. Blog dapat menampung konten-konten pembelajaran baik teks, gambar, audio dan video. Blog mengelola bahan ajar untuk kemudian ditampilkan secara online atau diunduh untuk dilihat dikemudian hari saat offline. Blog menjadi media pembelajaran yang interaktif karena tautan lembar kerja mauoun evaluasi juga dapat disematkan ke dalam blog. Bahkan komunikasi dua arah dalam bentuk chatting bisa dilakukan di kolom komentar blog. Untuk melakukan komunikasi secara video conference, dapat juga disematkan aplikasi video conference seperti zoom, teams atau meet kepunyaan google
C. Evaluasi
Evaluasi merupakan alat indikator untuk menilai pencapaian tujuan yang telah ditentukan serta menilai proses pelaksanaan mengajar secara keseluruhan. Evaluasi bukan hanya sekedar menilai suatu aktivitas secara spontan dan insidental, melainkan merupakan kegiatan untuk menilai sesuatu secara terencana, sistematik, dan terarah berdasarkan tujuan yang jelas. Dalam proses pembelajaran, evaluasi merupakan salah satu komponen penting dan tahap yang harus ditempuh oleh seorang pendidik untuk mengetahui keefektifan pembelajaran. Salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh guru adalah evaluasi pembelajaran.kompetensi ini sejalan dengan tugas dan tanggung jawab guru dalam pembelajaran, yaitu mengevaluasi pembelajaran termasuk di dalamnya melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
d.
Merancang Pembelajaran dengan VIBE Online
Adapun langkah-langkah pembelajaran
menggunakan VIBE Online sebagai berikut :
Pra Pembelajaran :
1)
Membuat blog
2)
Awali materi pembelajaran dengan menyematkan
link Video dari youtube sesuai dengan materi pembelajaran
3)
Posting teks materi pembelajaran
4)
Di akhir materi sisipkan link evaluasi online.
Evaluasi dapat menggunakan google form, quizziz atau Kahoot.
Pembelajaran :
1)
Pendahuluan
2)
Pengelompokkan peserta didik
3)
Mengamati tayangan Video agar peserta didik
memberikan komentar terhadap tayangan video tersebut (Video Comment)
4)
Merumuskan masalah dan membuat pertanyaan
5)
Memecahkan masalah melalui diskusi kelompok
dengan sumber bacaan dari blog.
6)
Mengkomunikasikan melalui presentasi setiap
kelompok.
7)
Menarik kesimpulan dengan menuliskan di kolom
komentar blog
8)
Guru memberi penguatan dan refleksi
9)
Mengadakan evaluasi online dari link yang telah
disematkan di blog
10) Memberi reward kepada kelompok yang
paling aktif dan memperoleh nilai evaluasi tertinggi.
0 Response to "VIBE ONLINE"
Post a Comment