Berlatih soal UP UKM PPG PAI 2025 (Bagian 1)
Indikator Soal 1:
Disajikan deskripsi materi tentang pembentukan akhlak karimah, mahasiswa dapat menentukan rumusan tujuan pembelajaran ranah sikap yang paling sesuai dengan indikator tujuan supaya peserta didik dapat meningkatkan keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia.
Soal 1:
Simaklah deskripsi sebagai berikut:
Seorang guru PAI menyusun tujuan pembelajaran agar peserta didik menunjukkan sikap hormat kepada orang tua dan guru sebagai wujud pengamalan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.
Rumusan tujuan pembelajaran ranah sikap manakah yang paling tepat berdasarkan deskripsi tersebut?
A. Peserta didik mampu menjelaskan pentingnya hormat kepada orang tua dan guru.
B. Peserta didik menunjukkan sikap hormat kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
C. Peserta didik menyebutkan dalil yang berkaitan dengan kewajiban menghormati orang tua dan guru.
D. Peserta didik mendiskusikan bentuk-bentuk penghormatan terhadap orang tua dan guru.
Kunci jawaban: B
Alasan:
Tujuan pembelajaran ranah sikap menekankan pada perilaku nyata, sehingga "menunjukkan sikap hormat..." adalah rumusan yang paling sesuai.
Soal 2:
Seorang mahasiswa PPG merancang pembelajaran dengan indikator tujuan:
Peserta didik membiasakan berkata jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk keimanan dan akhlak mulia.
Rumusan tujuan pembelajaran ranah sikap yang paling sesuai dengan indikator tersebut adalah…
A. Peserta didik memahami pentingnya kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
B. Peserta didik menjelaskan hubungan antara iman dan kejujuran.
C. Peserta didik menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
D. Peserta didik menyebutkan contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
Kunci jawaban: C
Alasan:
Rumusan ini menekankan pada implementasi nilai sikap dalam kehidupan nyata sesuai dengan indikator yang diberikan.
Soal 3 :
Seorang guru PAI sedang mengajar materi tentang pentingnya berkata jujur sebagai salah satu bentuk akhlak karimah. Ia ingin merumuskan tujuan pembelajaran yang mendorong peserta didik tidak hanya memahami kejujuran, tetapi juga membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam sebuah pengamatan kelas, guru menemukan bahwa sebagian besar peserta didik mengetahui pentingnya jujur, namun dalam praktiknya masih sering mencontek atau berbohong kepada orang tua.
Manakah rumusan tujuan pembelajaran ranah sikap berikut yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan di atas?
A. Peserta didik mampu menjelaskan pengertian jujur menurut pandangan Islam.
B. Peserta didik mampu menghafal ayat dan hadis yang berkaitan dengan kejujuran.
C. Peserta didik membiasakan bersikap jujur dalam segala situasi sebagai cerminan iman dan akhlak karimah.
D. Peserta didik dapat menyebutkan akibat dari perilaku tidak jujur.
Kunci Jawaban: C
Alasan:
Rumusan ini mengarah pada perubahan sikap nyata yang menjadi solusi atas masalah ketidaksesuaian antara pemahaman dan perilaku siswa.
Soal 4:
Dalam RPP mata pelajaran PAI kelas IX, seorang guru mencantumkan indikator tujuan:
Peserta didik mampu menunjukkan perilaku saling menghormati dan menyayangi sesama teman sebagai bentuk akhlak karimah.
Guru tersebut ingin memastikan bahwa tujuan pembelajaran yang disusun selaras dengan nilai-nilai pembentukan karakter sesuai profil pelajar Pancasila.
Jika Anda adalah mahasiswa PPG, bagaimana Anda menyusun rumusan tujuan pembelajaran ranah sikap yang paling tepat berdasarkan indikator tersebut?
A. Peserta didik menyebutkan contoh sikap menghormati dan menyayangi sesama teman.
B. Peserta didik menunjukkan sikap hormat dan kasih sayang kepada sesama teman dalam interaksi sehari-hari.
C. Peserta didik memahami arti penting saling menghormati dan menyayangi sesama.
D. Peserta didik menuliskan refleksi pribadi tentang pengalaman menghargai teman.
Kunci Jawaban: B
Alasan:
Tujuan pembelajaran ranah sikap harus menekankan perwujudan nilai secara nyata dalam perilaku peserta didik, bukan sekadar pengetahuan atau refleksi.
Soal 5 :
Anda adalah seorang guru PAI yang mengajarkan materi tentang akhlak terhadap orang tua. Salah satu peserta didik sering bercerita bahwa ia mudah marah dan membantah orang tuanya di rumah. Sebagai bagian dari proses pembelajaran dan asesmen autentik, Anda ingin menyusun tugas yang dapat membantu peserta didik menyadari dan memperbaiki perilakunya melalui kegiatan reflektif dan tindakan nyata.
Dari pilihan berikut, manakah bentuk penilaian autentik yang paling sesuai untuk menumbuhkan dan menilai sikap akhlak mulia tersebut?
A. Tes uraian tentang pentingnya berbakti kepada orang tua.
B. Membuat laporan harian berbakti kepada orang tua selama seminggu dan refleksi pribadi.
C. Menyebutkan ayat dan hadis yang membahas perintah taat kepada orang tua.
D. Diskusi kelompok tentang cara berbuat baik kepada orang tua.
Kunci Jawaban: B
Alasan:
Pilihan B merupakan bentuk penilaian autentik yang melibatkan pengalaman pribadi, refleksi, dan perubahan nyata dalam perilaku peserta didik.
Soal 6:
Dalam proses pembelajaran tentang akhlak mulia di sekolah, Anda mengamati bahwa beberapa siswa masih belum terbiasa saling menyapa dan menghargai teman yang berbeda pendapat. Anda ingin merancang kegiatan penilaian yang tidak hanya menilai pengetahuan, tetapi juga mendorong pembentukan sikap positif melalui pengalaman belajar yang bermakna.
Bentuk penilaian berikut manakah yang paling sesuai dengan pendekatan Assessment for Learning (AfL) untuk mencapai tujuan tersebut?
A. Memberi kuis tentang pengertian toleransi dan akhlak kepada teman.
B. Memberi tugas menulis esai tentang manfaat sikap toleransi dalam Islam.
C. membuat jurnal harian berisi pengalaman siswa dalam menunjukkan sikap toleransi di kelas.
D. Menilai hasil diskusi kelompok mengenai cara bersikap adil kepada teman.
Kunci Jawaban: C
Alasan:
Pilihan C menggabungkan unsur refleksi, pengalaman pribadi, dan perbaikan berkelanjutan, yang merupakan inti dari Assessment for Learning.
Kisi-Kisi :
Disajikan narasi contoh praktek pembelajaran seorang guru dengan materi pembentukan akhlak karimah dengan menekankan pada aspek konten, pedagogi dan teknologi yang berpotensi menimbulkan masalah pembelajaran, mahasiswa dapat mengidentifikasi praktik baik/best practice dalam evaluasi pembelajaran yang berkualitas secara berkelanjutan.
Soal 6:
Seorang guru PAI mengajarkan materi tentang akhlak karimah dengan menayangkan video pendek mengenai kisah kejujuran Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari. Setelah itu, siswa diminta berdiskusi dalam kelompok kecil dan mempresentasikan nilai-nilai akhlak yang dapat diambil dari tayangan tersebut. Namun, guru tidak melakukan penilaian formatif terhadap hasil diskusi dan presentasi siswa.
Berdasarkan narasi di atas, manakah langkah perbaikan terbaik yang mencerminkan praktik baik dalam evaluasi pembelajaran berkelanjutan?
A. Memberikan tugas portofolio sebagai penilaian akhir tanpa memperhatikan proses diskusi.
B. Menyediakan rubrik penilaian kinerja dan melakukan umpan balik setelah presentasi siswa.
C. Mengganti video dengan bacaan teks agar siswa lebih fokus pada materi.
D. Menilai hanya siswa yang aktif saat presentasi agar lebih objektif.
E. Mengulang seluruh kegiatan pembelajaran karena dinilai belum efektif.
✅ Jawaban benar: B
Soal 2:
Dalam rangka menanamkan akhlak karimah, seorang guru menggunakan aplikasi kuis interaktif (seperti Kahoot) untuk mengevaluasi pemahaman siswa setelah pembelajaran. Kuis dilakukan dengan cepat, tetapi guru tidak menjelaskan jawaban yang benar maupun memberikan refleksi setelahnya. Beberapa siswa terlihat bingung dan kurang memahami makna nilai akhlak dari soal yang telah dijawab.
Manakah tindakan yang paling tepat untuk memperbaiki proses evaluasi agar menjadi praktik baik dan berkelanjutan?
A. Memberi soal ulang dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi agar siswa tertantang.
B. Mengganti metode evaluasi ke bentuk ujian tulis karena dianggap lebih efektif.
C. Menjelaskan jawaban setiap soal secara terbuka dan mengajak siswa merefleksikan kaitannya dengan kehidupan nyata.
D. Mengurangi jumlah soal agar kuis tidak terlalu cepat selesai.
E. Mengandalkan hasil skor kuis sebagai indikator utama akhlak siswa.
✅ Jawaban benar: C
Latihan soal lainnya dan contoh tugas Mandiri, tugas refleksi , tugas akhir bisa diperoleh disini
0 Response to "Berlatih soal UP UKM PPG PAI 2025 (Bagian 1)"
Post a Comment