URGENSI UJIAN SEKOLAH PAI UNTUK MENDUKUNG PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA
A.
Latar
Belakang
Hasil belajar peserta didik dapat diketahui dari adanya evaluasi
atau penilaian. Penilaian yang dilaksanakan mengacu pada penilaian autentik
meliputi aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap. Penilaian dilakukan selama
proses pembelajaran dan di akhir pembelajaran. Penilaian dilakukan oleh
pendidik dan satuan pendidikan atau sekolah. Sebenarnya Penilaian yang
dilakukan terhadap peserta didik merupakan upaya untuk mengetahui pencapaian
tujuan pendidikan nasional.
Tujuan utama pendidikan di sekolah adalah pengembangan karakter dan
kompetensi peserta didik. Maka semua pihak yang mengampu pendidikan harus
mefokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran. Hal ini sejalan dengan
tujuan pendidikan nasional dalam UU Sisdiknas nomor 20 tahun 2003 yakni
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab. Salah satu yang punya tanggungjawab untuk mencapai tujuan pendidikan
nasional tersebut adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
Dengan keluarnya Permendikbud nomor 43 tahun 2019 dan SE
Kemendikbud nomor 1 tahun 2021, maka Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah
Berstandar Nasional (USBN) ditiadakan. Adanya penghapusan UN dan USBN oleh
Kemendikbud untuk selanjutnya US diserahkan ke sekolah tentu harus disikapi
dengan sejumlah strategi agar peserta didik dapat menjadi lulusan yang bermutu.
Menyikapi hal tersebut, Kementerian Agama bertindak sigap dengan mengeluarkan
juknis US PAI untuk menjaga kualitas Pendidikan Agama Islam di sekolah memenuhi
standar pendidikan nasional.
Harap diingat bahwa GPAI harus berperan penting dalam membendung
upaya sekularisasi pendidikan apalagi menganggap tidak penting pendidikan
agama. PAI harus menjadi mata pelajaran bergengsi di mata peserta didik dan
seluruh stake holder di sekolah. Salah satu upayanya adalah dengan tetap
menyelenggarakan Ujian Sekolah PAI setiap tahun. Bagaimana urgensi Ujian Sekolah Pendidikan Agama
Islam (US PAI) untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan di Indonesia? Akan
dibahas pada tulisan ini.
Tulisan ini memiliki beberapa manfaat antara lain :
1.
Mengedukasi masyarakat khususnya orangtua peserta
didik tentang urgensi US PAI dan penguatan mutu pendidikan di Indonesia
2.
Membentuk opini di media massa dan media social
berkaitan dengan urgensi ujian sekolah pendidikan agama Islam (US PAI) dan
penguatan mutu pendidikan di Indonesia
B.
Pembahasan
Menurut Permendikbud nomor 23 Tahun 2016 tentang standar penilaian,
penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur
pencapaian hasil belajar peserta didik. Salah satu lingkup penilaian yang
disebutkan dalam permendikbud nomor 23 tahun 2016 adalah penilaian hasil belajar oleh satuan
pendidikan atau yang dikenal dengan ujian sekolah. Satuan pendidikan punya
tugas melakukan penilaian pengetahuan dan keterampilan. Maka ranah ujian sekolah ada di pelaksanaan
ujian aspek pengetahuan dan ujian aspek keterampilan. Dengan demikian ujian
sekolah untuk Pendidikan Agama Islam mutlak diperlukan untuk mengukur hasil belajar
peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Pelaksanaan US PAI di sekolah ada pada aspek pengetahuan dan
keterampilan atau lebih dikenal dengan ujian praktik. Sekolah harus
menyelenggarakan US PAI baik teori maupun praktik. Meskipun ada pilihan di masa
pandemic ini untuk melaksanakan US PAI dalam bentuk portofolio atau penugasan,
namun bukan berarti US PAI dalam bentuk tes tulis dan ujian praktik dilupakan.
Sebisa mungkin sekolah tetap melaksanakan US PAI teori dan praktik kecuali bagi
sekolah yang memang tidak memungkinkan untuk melaksanakannya.
Dalam SE Mendikbud nomor 1 tahun 2021 Peserta didik dinyatakan
lulus dari satuan pendidikan setelah diantaranya mengikuti ujian yang diselenggarakan
oleh satuan pendidikan. Jelas sekali
bahwa salah satu syarat kelulusan dari sekolah, maka peserta didik harus mengikuti ujian sekolah. Jadi Ujian Sekolah
harus tetap diselenggarakan dan dipersiapkan dengan matang karena menjadi salah
satu syarat kelulusan belajar dari satuan pendidikan.
Selanjutnya Kementerian Agama kemudian mengeluarkan SK Dirjen
Pendis nomor .... tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Ujian Sekolah Mapel PAI dan
Budi Pekerti Pada SD, SMP, SMA, SMK Tahun Pelajaran 2021/2022. Dalam Juknis
tersebut, bentuk ujian sekolah dapat berupa :
a.
Portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor,
nilai sikap/perilaku dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil
lomba dan sebagainya)
b.
Penugasan
c.
Tes secara luring atau daring. Tes ini berupa
tes tertulis dan/atau ujian praktik dan/atau
d.
Bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan
oleh satuan pendidikan sesuai dengan kompetensi yang diukur berdasarkan standar
nasional pendidikan
Kementerian Agama bertindak tanggap dalam menjaga mutu pendidikan
Indonesia. Dengan teori dan aturan yang ada, menjelaskan urgensi Ujian Sekolah
dalam meningkatkan mutu pendidikan. Seiring dengan tujuan pendidikan nasional
salah satunya menjadikan peserta didik yang beriman dan bertaqwa, tentu tujuan
pendidikan tersebut ada pada ranah PAI yang paling bertanggungjawab.
Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan bertujuan untuk
menilai pencapaian Standar Kompetensi Lulusan untuk semua mata pelajaran
termasuk PAI. Dalam Permendikbud nomor 23 tahun 2016 Pasal 7 ayat 3,
menjelaskan bahwa satuan pendidikan
menggunakan hasil penilaian oleh satuan pendidikan dan hasil penilaian oleh
pendidik sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 5 ayat (2) untuk melakukan
perbaikan dan/atau penjaminan mutu pendidikan pada tingkat satuan pendidikan.
Disini jelas bahwa diselenggarakannya Ujian Sekolah bertujuan pada peningkatan
mutu pendidikan.
Mutu pendidikan nasional dilihat dari pencapaian tujuan pendidikan
nasional yang mengharapkan lulusan yang beriman dan bertaqwa, cerdas dan
terampil. PAI sangat berperan dalam mencapai peningkatan mutu pendidikan
nasional. Serangkaian pembelajaran teori dan praktik PAI di sekolah akan
dilihat keberhasilannya dengan mengukurnya melalui US PAI. US PAI diharapkan
menjadi standar mutu pendidikan nasional. Karena konten materi pembelajaran PAI
semuanya mengarah pada tujuan pendidikan nasional yakni menjadikan peserta
didik yang beriman dan bertaqwa. Maka US PAI akan berdampak pula pada mutu
pendidikan nasional.
Indikator mutu pendidikan menurut Dikdasmen Kemendikbud menetapkan
empat aspek yaitu : proses, output, outcome dan dampak. Untuk indikator proses
dicirikan dengan adanya perubahan manajerial sekolah menjadi lebih baik.
Pelaksanaan US PAI menjadi penanda bahwa manajerial sekolah berjalan sesuai
standar nasional pendidikan. Indikator output dicirikan dengan meningkatknya
kompetensi guru. Adanya US PAI akan memacu peningkatan kompetensi guru dengan
meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan membuat soal US PAI yang
terstandar. Indikator outcome ditandai dengan adanya peningkatan mutu peserta didik.
Adanya US PAI akan memacu semnagat belajar peserta didik yang berpengaruh pula
pada hasil belajar peserta didik. Terakhir indicator dampak berupa terbangunnya
budaya sekolah yang lebih baik. Dengan berjalannya US PAI makan budaya positif
akan terbangun disekolah diantaranya manajerial sekolah yang efektif, guru yang
berkompeten dan hasil belajar yang meningkat.
C.
Kesimpulan
Pandemi ini
telah menghancurkan ekonomi dan kesehatan tetapi janganlah menghancurkan
pendidikan terutama Pendidikan Agama Islam. Dengan adanya Ujian Sekolah
merupakan ikhtiar postif untuk tetap menjaga mutu pendidikan Indonesia
khususnya Pendidikan Agama Islam. Apalah
jadinya jika pendidikan ikut hancur, maka tak akan ada lagi asa bangsa ini
untuk menjadi bangsa yang maju dan beradab di tengah percaturan dunia. Akibat
generasi penerus tidak mendapatkan mutu pendidikan yang layak.
Mari kita persiapkan US PAI sebaik-baiknya dengan cara memberi
persiapan kepada peserta didik, kemudian membuat soal yang terstandar dan
pelaporan yang tepat agar dijadikan dasar untuk kebijakan pemerintah
selanjutnya. US PAI diharapkan
berfungsi sebagai bahan pertimbangan dalam pemetaan mutu sekolah khususnya
bidang PAI, umpan balik perbaikan program pembelajaran, dan alat pengendali
mutu pendidikan. Sehingga tujuan ujian sekolah untuk mengukur pencapaian hasil
belajar peserta didik Mapel PAI di sekolah bisa tercapai.
Adapun Untuk melengkapi persiapan US PAI tahun 2022 berikut disajikan juknis US PAI SD, SMP dan SMA/K yang berisi kisi-kisi dan contoh soalnya
Terimakasih atas panduannya
ReplyDelete