-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

Contoh Modul Ajar PAI di Program Sekolah Penggerak (Kurikulum Prototype)


Dulu kita sebut RPP sekarang namanya modul ajar

Modul ajar didefinisikan  sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik. Modul ajar merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran. Inilah salah satu perbedaan kurikulum prorotype yang sudah diujicobakan di sekolah penggerak dengan kurikulum 2013 yang lama. Jika dulu ada RPP sekarang ada modul ajar. Jika dulu ada KI KD sekarang ada capaian pembelajaran. 

Modul ajar disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Untuk SMP dimasukkan ke dalam fase D Kelas 7-9. Guru perlu memahami konsep mengenai modul ajar agar proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna.

Guru dalam satuan pendidikan diberi kebebasan untuk mengembangkan modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik. Guru diberi ruang kreatif untuk berinovasi , diberi kemerdekaan berkekspresi. Modul ajar dilengkapi dengan komponen yang menjadi dasar dalam proses penyusunan. Komponen modul ajar dalam panduan dibutuhkan untuk kelengkapan persiapan pembelajaran. Komponen modul ajar bisa ditambahkan sesuai dengan mata pelajaran dan kebutuhan.

Berikut contohnya klik tautan berikut

AL QUR’AN DAN SUNNAHSEBAGAI PEDOMAN HIDUP


I.              

Baca juga



2 Responses to "Contoh Modul Ajar PAI di Program Sekolah Penggerak (Kurikulum Prototype)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel