-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran Mapel PAI dan Budi Pekerti



Pada tanggal 27 - 29 Juni 2022 bertempat di Harris Suites Puri Mansion Jakarta, dilaksanakan kegiatan penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP ) dan Modul Ajar (MA) untuk mata pelajaran Pendidikan Agama, Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Pendidikan Khusus. Acara diselenggarakan oleh Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemdikbud Ristek. 

Khusus Pendidikan Agama Islam, dihadiri oleh Direktur PAI dan Kasubdit PAI SMP serta tim penulis Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar PAI Jenjang SD, SMP, SMA/SMK, SD LB, SMP LB dan SMA LB. Terlebih dahulu tim melakukan diskusi dan curah pendapat dari masing-masing anggota tim dengan di kordinir oleh Pak Direktur, Pak kasubdit dan Pak Eka fasilitator dari Puskurjar. 

Untuk menyusun ATP, sebagai panduan kita mengacu pada SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, Asesmen Pendidikan Kemdikbud Ristek Nomor 033/H/KR/2022 tentang Perubahan SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, Asesmen Pendidikan Kemdikbud Ristek Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada PAUD, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. 

Jadi pelu diingat dan digarisbawahi, saat ini untuk Capaian Pembelajaran mengacu pada SK nomor 033/H/KR/2022 bukan nomor 008/H/KR/2022. Memang kurikulum merdeka ini sangat dinamis dan mencari bentuk terbaiknya sehingga kita harus selalu update dengan perubahan-perubahannya.

Berikut ini CP terbaru sesuai SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, Asesmen Pendidikan Kemdikbud Ristek Nomor 033/H/KR/2022. Silahkan unduh dibawah ini

Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka 

Sedangkan Capaian Pembelajaran untuk PAI fase D silahkan unduh di bawah ini

CP PAI Fase D

Berdasarkan CP maka dianalisis dan dikembangkan menjadi tujuan pembelajaran hingga menjadi alur tujuan pembelajaran dan Perencanaan pembelajaran.


Capaian Pembelajaran menjadi target pencapaian kompetensi yang akan di capai selama fase tertentu. Misalnya CP PAI fase D maka itulah sekumpulan materi atau kemampuan yang akan dicapai siswa selama tiga tahun. Jadi sekarang materi tidak dibagi per kelas lagi. Guru harus kreatif membuat menyusun tujuan pembelajaran sehingga pada akhir fase CP tercapai. Maka pada awal fase, guru harus kreatif melakukan asesmen awal atau asesmen diagnostik untuk mengetahui kemampuan siswa di awal dia masuk SMP (Fase D). Misalnya siswa belum mampu membaca al Qur'an, maka guru harus mengasah kemampuan siswa terlebih dahulu agar mampu membaca al Qur'an. karena kemampuan membaca qur'an harusnya ada pada fase A atau B (kelas 1-4). Jangan paksakan siswa yang tidak bisa membaca untuk mengikuti materi fase D. misalnya membaca dan menghafal surat Annisa ayat 59. Harus dipastikan dahulu bahwa siswa bisa membaca qur'an. Maka guru harus terus membimbing siswa tersebut hingga mampu membaca al Qur'an dan siap mengikuti pembelajaran pada fase D.

Tujuan pembelajaran yang disusun dari CP tidak dibagi per kelas. namun itu menjadi bahan guru untuk mengajar pada satu fase. Tujuan Pembelajaran (TP) yang sudah dikumpulkan dari CP harus dibuat alur tujuan pembelajaran (ATP). ATP ini merupakan susunan TP yang akan diajarkan pada siswa selama satu fase. Mana yang harus lebih dulu, mana yang belakangan, mana TP yang nanti diajarkan diakhir fase. Guru sendiri yang menentukan ATP sedangkan Kemdikbud hanya memberi contoh saja.

Tujuan Pembelajaran yang dimaksud bukanlah tujuan pembelajaran yang biasa kita buat dalam RPP. Namun Tujuan Pembelajaran yang kita hasilkan dari CP merupakan tujuan pembelajaran secara umum yang tidak menggunakan rumus ABCD secara tertulis. Tujuan pembelajaran yang dikembangkan dari CP adalah tujuan pembelajaran yang disebut dengan istilah LEARNING GOALS. Sedangkan Tujuan pembelajaran yang nanti ada di RPP atau Modul ajar disebut sebagai tujuan pembelajaran dengan istilah LEARNING OBJECTIVES. Supaya tidak bingung berikut disajikan deskripsinya dalam bentuk tabel yang diambil dari website PISA terkait dengan numerasi.


Jika dikaitkan dengan CP PAI, misalnya kita ambil contoh CP PAI Fase D Eleman Al Qur'an dan Hadits, yang bunyinya sebagai berikut :

Peserta didik memahami definisi Al-Qur’an dan Hadis Nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran agama Islam. Peserta didik juga memahami pentingnya pelestarian alam dan lingkungan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam ajaran Islam. Peserta didik juga mampu menjelaskan pemahamannya tentang sikap moderat dalam beragama. Peserta didik juga memahami tingginya semangat keilmuan beberapa intelektual besar Islam.

Ingat bahwa tujuan pembelajaran terdiri atas 2 unsur yaitu kompetensi dan materi. Maka misalnya kita ambil kalimat pertama dari CP tersebut 

Peserta didik memahami definisi Al-Qur’an dan Hadis Nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran    agama Islam. 

Dalam kalimat tersebut ada memahami sebagai kompetensi. dan definisi Al-Qur’an dan Hadis Nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran    agama Islam. sebagai materi. 

Jadi jika kita buat tujuan pembelajaran (learning goals) menjadi memahami definisi Al-Qur’an dan Hadis Nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran   agama Islam. 

Kelak kita kembangkan tujuan pembelajaran (learning goals) tersebut menjadi tujuan pembelajaran (learning objektives) dalam RPP atau modul ajar. Misalnya :

  1. Membaca Q.S al-Nisa/4: 59 dan Q.S. al-Nahl/16: 64  sesuai ketentuan ilmu tajwid khususnya ketentuan hukum nun sukun dan tanwin
  2. Menghafalkan Q.S al-Nisa/4: 59 dan Q.S. al-Nahl/16: 64  sesuai ketentuan ilmu tajwid khususnya ketentuan hukum nun sukun dan tanwin
  3. Memahami Al-Quran dan hadits Nabi serta posisinya sebagai sumber ajaran agama Islam menurut Q.S  al-Nisa/4: 59 dan Q.S. al-Nahl/16: 64,
  4. Menampilkan sikap cinta terhadap Al-Qur'an dan hadits Nabi dalam kehidupan nyata.

Kita lupakan sejenak tujuan pembelajaran dalam RPP atau  modul ajar tersebut, kita fokus kembali kepada tujuan pembelajaran yang akan kita turunkan dari CP yang telah ada. berikut contoh tujuan pembelajaran yang diturunkan dari elemen CP Al Qur'an Hadits :


Eleman Capaian Pembelajaran Tujuan Pembelajaran
Al Qur'an dan hadits Peserta didik memahami definisi Al-Qur’an dan Hadis Nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran agama Islam. Peserta didik juga memahami pentingnya pelestarian alam dan lingkungan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam ajaran Islam. Peserta didik juga mampu menjelaskan pemahamannya tentang sikap moderat dalam beragama. Peserta didik juga memahami tingginya semangat keilmuan beberapa intelektual besar Islam. •Memahami definisi Al Qur’an dan hadits nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran agama Islam
•Memahami pentingnya pelestarian alam dan lingkungan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam ajaran Islam
•Menjelaskan pemahamanya tentang sikap moderat dalam beragama
•Memahami tingginya semangat keilmuan beberapa intelektual besar Islam


Seluruh Tujuan pembelajaran yang sudah kita peroleh dari CP dibuat ATP dengan diurutkan dari awal fase hingga akhir fase. 

Contoh ATP yang telah kami buat dapat diunduh pada link di bawah ini


Kami admin belajarpai sangat terbuka untuk berdiskusi dan saling berbagi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Kita berkolaborasi untuk maju  dan berkembang bersama.

Bagi yang mau CP mapel lain fase D bisa diunduh pada link berikut

8 Responses to "Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran Mapel PAI dan Budi Pekerti"

  1. Kereeen ulasannya. Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Terimakasih..sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Hatur nuhun Pa Syam atas ilmunya...sangat membantu dan bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Kereeen. Sangat bermanfaat dan terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  5. Luar biasa " Habis Gelap Trbitlah Terang"

    ReplyDelete
  6. Terimakasih ulasannya sangat bermanfaat. Izin comot ilmunya

    ReplyDelete
  7. Terima kasih pa syam, sangat bermanfaat ilmu nya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel