-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

RPP PAI Kurikulum 2013

 Meskipun saat ini banyak sekolah yang akan memberlakukan kurikulum merdeka, namun kurikulum 2013 masih digunakan di sebagaian besar sekolah. berikut ini disajikan RPP PAI SMP untuk membantu para guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran di tahun ajaran baru. Selain itu bagi yang akan PPG juga ini sangat penting dan perlu memiliki RPP ini. Bagi bapak ibu guru yang sudah sertifikasi juga sangat penting karena pasti akan di monev oleh pengawas pembina terkait kepemilikan RPP. Jauh yang lebih penting dari itu semua adalah kita sebagai guru yang profesional harus memberikan layanan terbaik untuk siswa salah satunya dengan mempersiapkan RPP sebaik mungkin sebagai bagian dari perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.

Bagaimana membuat RPP yang cepat, mudah dan bisa dipakai dalam pembelajaran? tentu pertanyaan ini sering kita temui dari para guru. Jangan khawatir dan takut dengan kewajiban membuat RPP. Jadikan pembuatan RPP ini asyik dan menyenangkan. Agar lebih asyik dan menyenangkan berikut disajikan contoh RPP yang dapat di tiru dan modifikasi sesuai dengan karakteristik siswa masing-masing sekolah.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Sekolah         : SMP...

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester : IX / Ganjil

Materi Pokok         : Perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru

Alokasi Waktu : 3 Minggu x 3 Jam Pelajaran @40 Menit



  1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  • Meyakini bahwa berbakti dan taat kepada orang tua dan guru adalah perintah agama

  • Menunjukkan perilaku hormat dan taat kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari

  • Memberikan komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru.

  • Memahami pentingnya perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru 

  • Menjelaskan contoh-contoh nyata perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Isrā/17: 23 dan Q.S. Luqmān/ 31: 14 dan Hadits terkait. 

  • Menganilis hubungan rumusan hubungan antara perilaku berbaktidan taat kepada orangtua dan guru dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan.

  • Memaparkan hubungan rumusan hubungan antara sikap menghormati orang tua dan guru dengan kemudahan yang di dapat dalam kehidupan.

  • Menyajikan cara berbakti dan taat kepada orang tua dan guru


B. Langkah- Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
OrientasiPenguatan Pendidikan Karakter, Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
ApersepsiMengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
MotivasiMemberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materitema// projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi yang dipelajari
Pemberian AcuanMemberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti (90 menit)
Orientasi Peserta Didik Kepada MasalahLiterasi
 Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)
Melihat (tanpa atau dengan alat) Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam
mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujurdan pantang menyerah (Karakter)
Mengamati(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
Membaca(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), (Literasi)
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan materi
Mendengar
pemberian materi oleh guru
Menyimak, (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
 Siswa diminta untuk mengamati dan menganalisis gambar tersebut dan mengaitkannya dengan hasil bacaan mereka dan menuliskan hasil pengamatannya.
Mengorganisasikan
Peserta Didik
Critical Thinking (Berpikir Kritis):
❖ Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi ataupun gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
Membimbing Penyelidikan Individu Dan KelompokCollaboration (Kerja Sama):
❖ Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mempraktikan, mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi tentang materi
Mengembangkan Dan Menyajikan Hasil KaryaCommunication (Komunikasi)
 Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang materi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan,.
❖ Peserta didik mengamati dan memberi tanggapan terhadap hasil presentasi kelompok lain.
Menganalisa & Mengevaluasi Proses Pemecahan MasalahCreativity (Kreativitas)
 Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang materi yang dipelajari
 Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan materi yang akan selesai dipelajari
penutup (10 menit)
PenutupPeserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam

C. Penilaian

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan


Mengetahui

KEPALA SEKOLAH



.........................................................................

NIP. 


...................................., .....,...........2022

Guru Mata Pelajaran



............................................................

NIP. 


Untuk RPP yang lain bisa diunduh pada tautan-tautan di bawah ini. 

Kelas 9 Mapel PAI SMP

RPP Optimis Ikhtiar dan tawakal

RPP Toleransi dan Menghargai Perbedaan 

RPP Beriman Kepada Hari Akhir

RPP Beriman Kepada Qada dan Qadar

RPP Perilaku Jujur dan Menepati Janji

RPP Perilaku Berbakti dan Taat Kepada Orangtua dan guru

RPP Tatakrama, Sopan santun dan rasa Malu

RPP Zakat Fitrah dan Mal


Selanjutnya buka halaman berikutnya .....


0 Response to "RPP PAI Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel