-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

Belajar Soal Sumatif Akhir Semester (Bag-2)

 Amir sedang menghafal asmaul husna. Namun ia sangat bingung dengan arti al-Alim dan al-Khabir. Kemudian Adi sebagai sahabat membantunya dan menjelaskan bahwa arti Al-Alim adalah Maha Mengetahui dan Al Khabir adalah Maha Sejahtera. Apakah pernyataan yang benar berdasarkan narasi tersebut?

Jawaban : 

Penjelasan Adi benar untuk pengertian Al Alim dan keliru untuk pengertian Al Khabir, Seharusnya Al Khabir Maha Teliti.


Roni seorang anak yang rajin beribadah. Roni yakin bahwa  Allah Swt akan menyayangi hambanya yang rajin beribadah dan mengabulkan setiap permohonan hambanya, karena Allah maha mendengar apapun perrmohonannya . Sikap Roni tersebut mencerminkan keyakinan terhadap Allah Swt melalui asmaul husna ….

Jawaban : 

as-Sami’


Perhatikan narasi berikut ini.

Hadi sedang bingung memahami definisi salat menurut sara. Kemudian Arif membantu menjelaskan bahwa salat menurut syara adalah rangkaian ucapan dan perbuatan yang diawali dengan niat, diakhiri dengan salam, beserta syarat-syarat yang telah ditentukan. Berdasarkan narasi tersebut, pernyataan yang benar adalah ….

Jawaban : 

Penjelasan Arif salah seharusnya salat adalah rangkaian ucapan dan perbuatan yang diawali dengan takbir, diakhiri dengan salam, beserta syarat-syarat yang telah ditentukan.


Bacalah Al Qur’an yang dimaksud dalam QS Al Ankabut/29:45 adalah ….

Jawaban : 

Menegakkan agama dengan mengikuti perintah dan menjauhi larangan Allah melalui informasi dari al Qur’an.


Salat memiliki banyak manfaat. Salah satunya mencegah perbuatan keji dan munkar. Makna bahwa shalat mencegah perbuatan keji dan munkar adalah ….

Jawaban : 

mengerjakan shalat merupakan sebab seseorang berhenti dari kemaksiatannya, sebab didalam shalat terkandung peringatan tentang pengawasan Allah dan terdapat penghayatan terhadap ayat-ayat-Nya.


Sujud merupakan aktivitas harian yang selalu dilakukan oleh setiap muslim. Sujud menjadi gerakan wajib dalam salat. Berikut ini pengertian sujud yang tepat adalah ….

Jawaban : 

gerakan yang dilakukan dengan dahi, kedua telapak tangan, kedua lutut, dan ujung jari kaki yang menempel pada sajadah.


Perhatikan narasi berikut!

Salmah adalah siswi SMP kelas VII, ia mengikuti salah satu lomba pada PENTAS PAI SMP tingkat nasional. Ketika para pemenang lomba diumumkan, namanya disebutkan sebagai pemenang lomba dengan predikat juara kedua. Salmah mengekspresikan kegembiraannya, dengan melakukan ….

Jawaban : 

sujud syukur

1 Response to "Belajar Soal Sumatif Akhir Semester (Bag-2)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel