-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

Cara Menuliskan Tujuan Pembelajaran di erapor

 Banyak yang bertanya kepada kami mengenai tujuan pembelajaran yang harus diinput dalam erapor baik kurikulum merdeka maupun kurikulum 2013. Berikut kami coba mengambil ijtihad berdasarkan penjelasan Pusat Kurikulum pada saat pembuatan ATP dan  modul ajar. 

Tujuan Pembelajaran yang dimaksud bukanlah tujuan pembelajaran yang biasa kita buat dalam RPP. Namun Tujuan Pembelajaran yang kita hasilkan merupakan tujuan pembelajaran secara umum yang tidak menggunakan rumus ABCD secara tertulis. Tujuan pembelajaran yang dikembangkan dari CP atau KD adalah tujuan pembelajaran yang disebut dengan istilah LEARNING GOALS. Sedangkan Tujuan pembelajaran yang nanti ada di RPP atau Modul ajar disebut sebagai tujuan pembelajaran dengan istilah LEARNING OBJECTIVES atau Evidence. 

Jadi jangan menuliskan Tujuan pembelajaran dalam erapor menggunakan tujuan pembelajaran dalam RPP yang biasanya menggunakan rumus ABCD misalnya Melalui model Inquiry learning peserta didik mampu menjelaskan makna zakat dengan benar. Bukan seperti itu. Namun tujuan pembelajaran yang dimaksud dalam erapor adalah learning goals. Misalnya TP untuk PAI kelas 9 :

1. Memahami makna beriman kepada hari akhir

2. Memahami QS Azzumar/39:53, QS An-Najm/53:39-42 dan QS Ali Imran/3:159 tentang optimis, ikhtiar dan tawakal.

3. Memahami makna zakat

4. Memahami haji dan umroh

5. Memahami sejarah masuknya Islam ke Nusantara.

Jadi ada 5 TP pada kelas 9 semester ganjil. Mengenai penggunaan KKO memahami, mengalami perluasan tingkat kemampuan berpikir. Memahami bukan hanya pada C2 namun bisa digunakan pada berbagai tingkat berpikir secara umum dan menyeluruh. Memahami juga bukan dikhususkan untuk aspek pengetahuan namun mengalami perluasan penggunaan untuk aspek keterampilan juga.  

Dalam TP tersebut sudah terkandung aspek pengetahuan dan keterampilan. Dimana sudah kita tuntaskan semua indikatornya dalam KBM pada semester ganjil tersebut. Nilai yang muncul di erapor merupakan nilai rata2 pengetahuan dan keterampilan. 


Demikian sedikit pendapat dari kami semoga bermanfaat. kami terbuka untuk berdiskusi demi kemajuan PAI. 




0 Response to "Cara Menuliskan Tujuan Pembelajaran di erapor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel