Modul Ajar IPS : Penjelajahan Samudra, Kolonialisme dan Imperialisme
1. Penjelajahan Samudra oleh Bangsa Eropa
Penjelajahan samudra dilakukan bangsa Eropa pada abad ke-15 hingga 17 untuk menemukan jalur perdagangan rempah-rempah yang menguntungkan. Tiga faktor utama mendorongnya:
- Gold: Keinginan mencari kekayaan berupa emas, perak, dan rempah-rempah.
- Glory: Ambisi memperoleh kejayaan dan wilayah baru.
- Gospel: Misi menyebarkan agama Kristen ke wilayah baru.
Contoh penjelajah terkenal:
- Vasco da Gama (Portugis): Menemukan jalur laut ke India.
- Ferdinand Magellan (Spanyol): Ekspedisi pertama mengelilingi dunia.
- Cornelis de Houtman (Belanda): Berlayar ke Nusantara dan membuka perdagangan rempah.
2. Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia
- Kolonialisme: Penguasaan wilayah oleh negara lain untuk menguasai sumber daya.
Contoh: Pendudukan Belanda di Indonesia melalui VOC. - Imperialisme: Sistem dominasi yang melibatkan kontrol politik dan ekonomi.
Contoh: Inggris menerapkan sistem perdagangan bebas di wilayah koloni.
Perbedaan utama:
Kolonialisme | Imperialisme |
Fokus pada penguasaan wilayah fisik. | Fokus pada penguasaan ekonomi, politik, dan budaya. |
3. Dampak Kolonialisme dan Imperialisme
Aspek | Dampak Positif | Dampak Negatif |
Sosial | Masuknya pendidikan modern. | Diskriminasi sosial antara pribumi dan penjajah. |
Ekonomi | Pengenalan sistem pertanian baru. | Eksploitasi sumber daya alam dan tenaga kerja. |
Budaya | Masuknya teknologi dan ilmu pengetahuan. | Pudarnya budaya lokal karena pengaruh asing. |
Berikut File Modul Ajar, LKPD dan Bahan Ajar Penjelajahan Samudra
0 Response to "Modul Ajar IPS : Penjelajahan Samudra, Kolonialisme dan Imperialisme"
Post a Comment