-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

Rendah Hati, Hemat dan Hidup Sederhana

 

Allah Swt. memerintahkan umat Islam untuk memiliki sikap rendah hati, hemat, dan hidup sederhana? Agar kalian semakin memahami tentang hal ini, mulailah dengan membaca dan menghafal ayat-ayat berikut ini:

1. QS. Al Furqon/25:63



Artinya

Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan ‘salam’.


Ayat ini menjelaskan bahwa Allah Swt. mengajarkan kepada kita agar dapat bersikap rendah hati ketika bergaul. Jika ada orang-orang yang mengejek dengan kata-kata, kita tidak membalasnya dengan kata kata serupa, tetapi memaafkannya.

Akhlak orang yang beriman adalah bersikap lemah lembut, sopan, menjaga tutur kata, dan menjaga kehormatan. Orang-orang yang memiliki sikap rendah hati akan mendapat rahmat dan kasih sayang dari Allah Swt. 

Rendah hati disebut juga tawad]u‘ yakni sebuah sikap merendahkan hati kita di hadapan Allah Swt. dan sesama manusia. Sikap rendah hati merupakan salah satu perilaku yang baik. Kita hendaknya menyadari hakikat  diri adalah makhluk ciptaan Allah Swt. Kelebihan-kelebihan yang kita miliki adalah pemberian dari Allah Swt. yang wajib kita syukuri dengan cara senantiasa beribadah kepada-Nya. Di sisi lain, kita hendaknya mengetahui bahwa setiap manusia pasti memiliki kekurangan atau kelemahan sehingga tidak pantas untuk menyombongkan diri. Di sisi Allah Swt. semua manusia memiliki potensi yang sama untuk menjadi orang yang bertakwa.



2. QS. Al Isra/17:26



Artinya
Dan berikanlah haknya kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghamburhamburkan (hartamu) secara boros.

3. QS. Al-Isra/17:27


Artinya
Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya.


Melalui ayat ini Allah Swt. memerintahkan kepada umat Islam agar memenuhi hak keluarga dekat, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Hak-hak yang harus diberikan adalah; 1) mempererat tali persaudaraan dengan jalan mengunjungi rumahnya, bersikap sopan santun, serta membantu meringankan penderitaan yang dialami mereka; 2) memberi bantuan kepada orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan dengan tujuan yang dibenarkan oleh agama. 

Pada ayat ke 27 Q.S. al-Isra/17: Allah Swt. melarang kita untuk menghambur-hamburkan harta dan menjadi seorang pemboros. Larangan ini bertujuan agar umat Islam dapat mengatur keuangan dengan perhitungan yang cermat agar apa yang dibelanjakan sesuai dengan pendapatan yang diperoleh serta tidak mubazir.

Maksud pemboros pada ayat ini adalah orang yang menghambur-hamburkan harta dalam perbuatan maksiat. Apakah kalian senang apabila disamakan dengan saudara setan? Bukankah kalian tahu bahwa setan adalah makhluk yang memiliki sikap angkuh dan ingkar pada Allah Swt. Setan adalah makhluk yang sangat ingkar kepada nikmat yang telah Allah Swt. berikan dan makhluk yang tidak pernah mau bersyukur. Bahkan, setan adalah pembangkang yang tidak mau menaati perintah Allah Swt. serta selalu menggoda manusia agar berbuat maksiat.

Manfaat rendah hati
Keuntungan-keuntungan orang yang memiliki perilaku rendah hati diantaranya: mendapatkan simpati dari orang lain, memiliki banyak teman, dan hati menjadi tenteram.

Manfaat hemat
Seseorang yang terbiasa hidup hemat akan memperoleh manfaat antara lain: tidak cemas terhadap masalah keuangan, memiliki simpanan keuangan untuk masa depan dan terhindar dari keinginan meminta-minta atau perbuatan curang lainnya.

Manfaat hidup sederhana
Apabila kalian mampu menerapkan pola hidup sederhana, maka kalian akan memiliki cadangan dana untuk memenuhi kebutuhan mendesak, terhindar dari sikap iri dengki, dan memiliki jasmani yang sehat karena pola konsumsi yang sewajarnya.


Yuk Buat Kuis sendiri di Quizizz

Yuk Kerjakan Kuisnya


0 Response to "Rendah Hati, Hemat dan Hidup Sederhana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel