Pemetaan Materi PAI SD SMP Pada Kurikulum Merdeka
Telah terbit SK Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemdikbudristek nomor 033/H/KR/2022 yang merubah SK sebelumnya tentang Capaian Pembelajaran (CP) semua jenjang. Dengan demikian berlaku Capaian Pembelajaran terbaru ini untuk tahun ajaran 2022/2023 bagi sekolah yang akan melaksanakan implementasi kurikulum merdeka (IKM).
Capaian Pembelajaran (CP) kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap tahap perkembangan peserta didik untuk setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Capaian pembelajaran memuat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.
CP adalah acuan yang membimbing siswa untuk hasil yang diinginkan dari kegiatan pembelajaran yang direncanakan. CP juga menunjukkan dan mengarahkan para guru jalan yang harus diikuti dan menyadarkan siswa tentang apa yang akan mereka capai di akhir pembelajaran.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mencakup elemen keilmuan yang meliputi (1) Al-Qur’an-Hadis, (2) Akidah, (3) Akhlak, (4) Fikih, dan (5) Sejarah Peradaban Islam.
CP diturunkan jadi tujuan pembelajaran (TP). Sekumpulan TP kemudian diurutkan untuk menjadi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). TP ini akan diuraikan menjadi materi pembelajaran. Apa yang sudah menjadi CP dan materi pada fase sebelumnya tidak diulang lagi dalam CP fase berikutnya.
Berikut Materi yang diambil dari CP PAI jenjang SD SMP
Elemen | Fase | Kelas | CAPAIAN PEMBELAJARAN |
---|---|---|---|
Al Qur'an dan hadis | A | 1 dan 2 | mengenal huruf hijaiyah dan harakatnya |
huruf hijaiyah bersambung | |||
membaca surah- surah pendek Al-Qur’an | |||
B | 3 dan 4 | membaca surah-surah pendek atau ayat Al-Qur’an dan menjelaskan pesan pokoknya | |
mengenal hadis tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama | |||
C | 5 dan 6 | membaca, menghafal, menulis, dan memahami pesan pokok surah- surah pendek dan ayat Al-Qur’an tentang keragaman | |
D | 7,8 dan 9 | memahami definisi Al-Qur’an dan Hadis Nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran agama Islam | |
memahami pentingnya pelestarian alam dan lingkungan | |||
sikap moderat dalam beragama | |||
memahami tingginya semangat keilmuan beberapa intelektual besar Islam. | |||
Akidah | A | 1 dan 2 | Mengenal rukun iman kepada Allah melalui asmaul husna |
mengenal para malaikat dan tugas yang diembannya. | |||
B | 3 dan 4 | memahami sifat-sifat bagi Allah, beberapa asmaulhusna, mengenal kitab-kitab Allah, para nabi dan rasul Allah yang wajib diimani. | |
C | 5 dan 6 | mengenal Allah melalui asmaulhusna, memahami keniscayaan peritiwa hari akhir, qadāʾ dan qadr. | |
D | 7, 8 dan 9 | mendalami enam rukun Iman | |
Akhlak | A | 1 dan 2 | mempraktikkan nilai-nilai baik dalam ungkapan positif untuk diri, sesama manusia terutama orangtua dan guru |
memahami pentingnya tradisi memberi dalam ajaran agama Islam | |||
mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya | |||
percaya diri mengungkapkan pendapat pribadinya dan belajar menghargai pendapat yang berbeda | |||
melaksanakan tugas kelompok serta memahami pentingnya mengenali kekurangan diri dan kelebihan temannya | |||
B | 3 dan 4 | menghormati dan berbakti kepada orang tua dan guru | |
menyampaikan ungkapan- ungkapan positif (kalimah ṫayyibah) dalam keseharian | |||
memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah SWT. (sunnatullāh). | |||
mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas | |||
memahami pentingnya musyawarah untuk mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan. | |||
C | 5 dan 6 | mengenal dialog antar agama dan kepercayaan dan menyadari peluang dan tantangan yang bisa muncul dari keragaman di Indonesia. | |
memahami arti ideologi secara sederhana dan pandangan hidup dan memahami pentingnya menjaga kesatuan atas keberagaman | |||
memahami pentingnya introspeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. | |||
memahami pentingnya pendapat yang logis, menerima perbedaan pendapat, dan menemukan titik kesamaan (kalimah sawāʾ) untuk mewujudkan persatuan dan kerukunan | |||
memahami peran manusia sebagai khalifah Allah di bumi untuk menebarkan kasih sayang dan tidak membuat kerusakan di muka bumi. | |||
D | 7, 8 dan 9 | mendalami peran aktivitas salat sebagai bentuk penjagaan atas diri sendiri dari keburukan. | |
memahami pentingnya verifikasi (tabayyun) informasi sehingga dia terhindar dari kebohongan dan berita palsu | |||
memahami definisi toleransi dalam tradisi Islam berdasarkan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis- Hadis Nabi. | |||
mengenal dimensi keindahan dan seni dalam Islam termasuk ekspresi-ekspresinya | |||
Fikih | A | 1 dan 2 | mengenal rukun Islam dan kalimah syahadatain, menerapkan tata cara bersuci, salat fardu, azan, ikamah, zikir dan berdoa setelah salat. |
B | 3 dan 4 | melaksanakan puasa, salat jumat dan salat sunah dengan baik, memahami konsep balig dan tanggung jawab yang menyertainya (taklīf). | |
C | 5 dan 6 | memahami zakat, infak, sedekah dan hadiah, memahami ketentuan haji, halal dan haram serta mempraktikkan puasa sunnah. | |
D | 7,8 dan 9 | memahami internalisasi nilai-nilai dalam sujud dan ibadah salat | |
memahami konsep muʿāmalah, riba, rukhsah | |||
mengenal beberapa mazhab fikih | |||
Ketentuan ibadah kurban | |||
Sejarah Peradaban Islam | A | 1 dan 2 | menceritakan secara sederhana kisah beberapa nabi yang wajib diimani. |
B | 3 dan 4 | menceritakan kondisi Arab pra Islam, masa kanak-kanak dan remaja Nabi Muhammad saw. hingga diutus menjadi rasul, berdakwah, hijrah dan membangun Kota Madinah. | |
C | 5 dan 6 | menghayati ibrah dari kisah Nabi Muhammad saw. di masa separuh akhir kerasulannya serta kisah al- khulafā al-rāsyidin. | |
D | 7, 8 dan 9 | menghayati penerapan akhlak mulia dari kisah-kisah penting dari Bani Umayyah, Abbasiyyah, Turki Usmani, Syafawi dan Mughal sebagai pengantar untuk memahami alur sejarah masuknya Islam ke Indonesia. |
0 Response to "Pemetaan Materi PAI SD SMP Pada Kurikulum Merdeka"
Post a Comment