PK Online merupakan program Kemenag yang wajib diikuti oleh semua Guru PAI dan Kepala Sekolah berlatar PAI. PK Online bukanlah Ujian namun PK Online merupakan survey kompetensi untuk memetakan tingkat kompetensi Guru PAI. Kemudian nanti akan didiagnosa dari hasil PK online tersebut untuk di terapi melalui pelatihan PPKB sesuai kompetensinya yang lemah atau dibawah nilai 70. Kompetensi yang akan disurvey terdiri atas :
Paedagogik 1 : Perencanaan Pembelajaran
Paedagogik 2 : Model Pembelajaran
Paedagogik 3 : Penilaian/Asesmen
Profesional 1 : Materi PAI
Profesional 2 : Publikasi Ilmiah
Profesional 3 : Karya Inovatif
Profesional 2 Publikasi Ilmiah
Website kami akan mencoba menyajikan contoh soal yang bisa dipelajari untuk memudahkan pada saat survey PK Online kelak.
Berikut disajikan latihan soal Paedagogik 3
Penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan untuk ....
A. menilai pencapaian Standar Kompetensi Lulusan untuk semua mata pelajaran pada lingkup satuan pendidikan
B. menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu seluruh satuan pendidikan
C. menilai sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik pada satuan pendidikan secara holistik
D. memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.
E. menilai proses dan hasil belajar peserta didik pada satuan pendidikan secara efektif dan efisien
Jawaban ....
Pendekatan penilaian yang digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran ....
A. assessment of teaching and learning, assessment for teaching and learning, assessment as teaching and learning
B. assessment of learning, assessment for teaching and learning, assessment as teaching and learning
C. assessment of learning, assessment for learning, assessment as learning
D. assessment to learning, assessment as learning, assessment as learning
E. assessment of learning, assessment for learning, assessment to learning
Perhatikan pernyataan berikut!
(1) transfer satu konsep ke konsep lainnya
(2) mengingat (recall), menyatakan kembali (restate)
(3) merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite)
(4) menggunakan pengetahuan faktual, konsep, dan prosedural tertentu pada konsep lain
(5) memproses dan menerapkan informasi,
(6) mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda,
(7) menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah,
(8) menelaah ide dan informasi secara kritis
Pernyataan yang berkaitan dengan pengukuran soal-soal HOTS ditunjukkan pada nomor ....
A. (1), (2), (3), (4), dan (5)
B. (1), (5), (6), (7), dan (8)
C. (4), (5), (6), (7), dan (8)
D. (1), (4), (5), (6), dan (7)
E. (1), (2), (6), (7), dan (8)
Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Menganalisis KD yang dapat dibuatkan soal HOTS
(2) Menyusun kisi-kisi soal
(3) Menggunakan pengetahuan faktual, konsep, prosedural dan metakognitif
(4) Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual
(5) Mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda
(6) Menulis butir pertanyaan pada kartu soal sesuai dengan kisi-kisi soal. Butir-butir pertanyaan ditulis agar sesuai dengan kaidah penulisan butir soal
(7) Membuat pedoman penskoran atau kunci jawaban
Pernyataan yang berkaitan dengan langkah-langkah menyusun soal HOTS ditunjukkan pada nomor ....
A. (1), (2), (3), (4), dan (5)
B. (1), (2), (3), (6), dan (7)
C. (2), (3), (4), (5), dan (6)
D. (3), (4), (5), (6), dan (7)
E. (1), (2), (4), (6), dan (7)
0 Response to "Latihan Soal Paedagogik 3 Penilaian "
Post a Comment