-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

Teori Perkembangan Peserta didik Menurut Piaget

 Piaget lebih memfokuskan kajian dalam aspek perkembangan kognitif anak dan mengelompokkannya dalam empat tahap, yaitu:

a) Sensorimotorik (0-2 tahun), disebut masa discriminating dan labeling. Pada masa ini kemampuan anak terbatas pada gerak-gerak reflex, bahasa awal, dan ruang waktu sekarang saja.

b) Praoperasional (2-4 tahun) pada tahap praoperasional, atau prakonseptual, atau disebut juga dengan masa intuitif, anak mulai mengembangkan kemampuan menerima stimulus secara terbatas. Kemampuan bahasa mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berpikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas.

c) Tahap operasional konkrit (7-11 tahun), disebut masa performing operation. Anak sudah mampu menyelesaikan tugas: menggabungkan, memisahkan, menyusun, menderetkan, melipat, dan membagi.

d) Tahap operasional formal (11-15 tahun), disebut masa proporsional thinking. Pada masa ini, anak sudah mampu berpikir tingkat tinggi, seperti berpikir secara deduktif, induktif, menganalisis, mensintesis, mampu berpikir secara abstrak dan secara reflektif, serta mampu memecahkan berbagai masalah.



0 Response to "Teori Perkembangan Peserta didik Menurut Piaget"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel