-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

Menghindari Ghibah dan Melaksanakan Tabayun

 

Bahan Ajar PAI Fase D Kelas 7


Ebook Bank soal PAI SMP hubungi admin untuk mendapatkannya



Elemen

Capaian Pembelajaran

Akhlak

Peserta didik mendalami peran aktivitas salat sebagai bentuk penjagaan atas diri sendiri dari keburukan. Peserta didik juga memahami pentingnya verifikasi (tabayyun) informasi sehingga dia terhindar dari kebohongan dan berita palsu. Peserta didik juga memahami definisi toleransi dalam tradisi Islam berdasarkan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis-Hadis Nabi. Peserta didik juga mulai mengenal dimensi keindahan dan seni dalam Islam termasuk ekspresi-ekspresinya.



Tujuan Pembelajaran :

Memahami pentingnya verifikasi (tabayyun) informasi sehingga terhindar dari kebohongan dan berita palsu


A.   Gibah, Kebohongan dan Berita Palsu.

Gibah adalah menggunjing, membicarakan kejelekan dan kekurangan orang lain tanpa sepengatahuan orang tersebut. Seandainya orang tersebut mengetahui dibicarakan kejelekan dan kekurangannya, maka orang tersebut tidak akan suka. Akan timbul pertentangan dan permusuhan jika orang tersebut mengetahui digunjing dan dibicarakan kejelekannya. Tentu saja hal ini akan membuat persaudaraan jadi permusuhan, pertemanan akan putus dan dampak negatif lainnya terhadap hubungan antar manusia.

Gibah tanpa disadari sudah menjadi hal yang biasa saat ini. Diperkuat dengan media massa yang ikut menyebarkan berita gibah bahkan hoax. Contoh gibah yang banyak terjadi misalnya

a.       membicarakan keburukan-keburukan orang lain melalui ucapan

b.      membicarakan keburukan orang lain dengan gerakan tubuh

c.       membicarakan keburukan orang lain lewat media massa

d.      membicarakan beragam keburukan orang lain lewat bahasa isyarat

Dalam Gibah ada pembicaraan tentang keburukan dan aib seseorang. Sehingga akan muncul prasangka buruk atau su’uzhon kepada orang lain. Lebih berbahaya jika yang digibah adalah saudara kita sesama muslim. Tentu hal ini sangat berbahaya dan mencemaskan jika masih saja ada sesama muslim saling gibah. Mari simak dengan seksama salah satu ayat al-Qur’an yakni Q.S. al-Hujurat/49:12 yang memberikan peringatan akan bahaya prasangka buruk.

            يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اجْتَنِبُوْا كَثِيْرًا مِّنَ الظَّنِّۖ اِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ اِثْمٌ وَّلَا تَجَسَّسُوْا وَلَا يَغْتَبْ بَّعْضُكُمْ بَعْضًاۗ اَيُحِبُّ اَحَدُكُمْ اَنْ يَّأْكُلَ لَحْمَ اَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ تَوَّابٌ رَّحِيْمٌ

Artinya

12.  Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.

Maksud ayat tersebut antara lain :

a.       Perintah menjauhi prasangka buruk karena ada dosa di sebagiannya

b.      Larangan mencari-cari kesalahan atau keburukan orang lain

c.       Larangan menggunjing atau gibah

d.      Perumpamaan orang yang menggunjing atau gibah seperti memakan bangkai saudaranya sendiri

e.       Perintah bertakwa kepada Allah

f.       Allah memiliki sifat Maha Penerima Taubat dan Maha Penyayang

 

Gibah dapat juga mengarah kepada kebohongan dan berita palsu atau biasa disebut hoax. Hoax adalah suatu cerita bohong, berita palsu, yang bertujuan untuk mempermainkan, memperdaya, dan menipu. Hoax bisa digunakan untuk tujuan lelucon, tetapi hoax juga sering dipakai untuk tujuan yang serius. Misalnya hoax digunakan untuk pencitraan atau menjatuhkan citra seseorang maupun kelompok.

Hoax ini sebagai suatu informasi bohong atau palsu yang direkayasa sedemikian rupa sehingga seolah-olah benar adanya dan akhirnya dipercaya oleh masyarakat umum. Berikut ini adalah ciri-ciri informasi hoax:

a.       Hoax umumnya menggunakan judul dan kata pengantar yang provokatif mengenai sesuatu yang dianggap penting oleh masyarakat.

b.      Hoax berisi informasi yang sumbernya tidak jelas, tidak terverifikasi, tidak kredibel, tidak berimbang, dan biasanya menyudutkan pihak-pihak tertentu.

c.       Tidak ada rincian jelas mengenai penulis dan sumber informasi.

d.      Biasanya hoax bermuatan fanatisme atas nama ideologi.

e.       Hoax biasanya menimbulkan kecemasan, kebencian, dan permusuhan di kalangan masyarakat umum.

f.       Hoax biasanya disertai permintaan untuk meneruskan pesan ke sebanyak mungkin orang dengan ancaman konsekuensi jika  tidak menyebarkannya.

g.      Pada banyak kasus, dari struktur isi pesannya kita dapat melihat bahwa informasi palsu tersebut telah disalin dan diteruskan berkali-kali.

 

Formatif

Mainkan games berikut ini




Coba Juga Games berikut ini




B.   Menghindari Gibah, Kebohongan dan Berita Palsu

 

Gibah sangat berbahaya bagi sebuah hubungan persaudaraan dan pertemanan. Banyak orang melakukan gibah secara tidak sadar dilakukannya. Hal ini dikarenakan Gibah ini dianggap sebagai hal yang biasa sehingga menjadi barang konsumsi sehari-hari. Maraknya perbuatan gibah juga didukung oleh media elektronik yang banyak membicarakan aib dari tokoh masyarakat seperti halnya selebritis dan tokoh lainnya yang terkenal. Beragamnya jenis media online mmebuat seseorang dapat mengekspresikan diri dengan mudah namun terkadangberlebihan.

Bagaimana menghindari gibah? Berikut upaya yang harus dilakukan untuk menghindari gibah :

a.       Bergaul dengan orang yang baik

b.      menjaga lidah dengan mengatakan yang baik-baik

c.       Intropeksi diri yang masih banyak kesalahan.

d.      Ingat kebaikan orang yang akan kita gibah, sehingga tidak jadi kita gibah.

e.       Yakinlah bahwa gibah merupakan hal yang buruk

 

Selain gibah, hal yang harus dihindari terutama dalam bermedia sosial adalah kebohongan dan berita palsu atau biasa disebut hoax. Kebohongan dan berita palsu banyak terdapat di sekitar kita. Terutama di abad informasi dan digital saat ini semakin mudah dalam komunikasi, justru semakin meningkat juga penyebaran gibah, kebohongan dan berita palsu.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi kebohongan atau berita palsu yang ada di media online:

a.       Waspada terhadap berita adu domba dan memecah belah

b.      Periksa berita sebenarnya dari sumber terpercaya.

c.       Periksa keaslian sebuah foto dengan teliti karena rekayasa foto mudah dilakukan.

d.      Perhatikan alamat website yang menyampaikan suatu informasi, pastikan membaca berita dari situs yang tercatat dan terverifikasi dalam dewan pers.

e.       Bergabunglah dengan group diskusi anti-hoax yang ada di media sosial. Biasanya semua anggota group dapat saling memberikan kontribusi dalam memeriksa sebuah berita yang beredar di media sosial.

f.       Turut serta melaporkan temuan hoax di internet dengan mengirim email ke aduan konten@mail.kominfo.go.id atau website https://www.aduankonten.id/.

 

Projek Kelompok

Kerjakan bersama kelompokmu kasus berikut ini!

Sebuah video yang diklaim seorang bocah mengalami kritis akibat tersambar petir saat bermain handphone beredar di media sosial. Pada artikel tersebut termuat juga foto wajah bocah yang disebut-sebut kritis akibat tersambar petir saat main handphone.

"Seorang anak sedang asyik bermain hp disaat hujan deras, disambar petir hingga kritis. Di dalam video itu seorang anak sedang kesakitan akibat tersambar petir. Kedua tangan nya berdarah dan 1 tangan kirinya sudah rusak tidak ada telapak tangannya.

Kejadian ini merupakan suatu pembelajaran bagi kita semua agar tidak bermain HP saat hujan karena akan mendatangkan sinyal. Sehingga petir bisa menyambar kepada orang yang sedang bermain HP baik di luar ataupun di dalam rumah sekalipun," tulis salah satu akun media sosial.

Konten yang disebarkan akun media sosial tersebut telah beberapa kali dibagikan dan mendapat respons dari warganet.

 

Benarkah dalam video itu seorang bocah kritis akibat tersambar petir saat main handphone?

 

Petunjuk Pengungkapan fakta :

1.      Masukkan kata kunci "bocah tangannya tersambar petir" di kolom pencarian Google Search.

2.      Apakah berita sebenarnya yang dialami bocah tersebut?

3.      Uraikan hasil penelusuran berita sebenarnya!






C.   Tabayun

 

Tabayyun adalah mencari kejelasan tentang sesuatu hinggga jelas dan benar keadaannya. Dengan tabayun kita mencari suatu data dan  fakta yang sebenarnya untuk dapat dipahami dan dimanfaatkan. Orang yang tabayun akan meneliti, menelisik informasi dan berita.dengan demikian diharapkan agar tidak tergesa-gesa dalam memutuskan masalah, baik dalam hal kebijakan, hukum, maupun yang lainnya hingga jelas dan benar permasalahannya.

Allah menjelaskan tentang tabayun pada QS. Al Hujurat/49:6 berikut ini

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنْ جَاۤءَكُمْ فَاسِقٌۢ بِنَبَاٍ فَتَبَيَّنُوْٓا اَنْ تُصِيْبُوْا قَوْمًاۢ بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوْا عَلٰى مَا فَعَلْتُمْ نٰدِمِيْنَ

Artinya :

Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu.

 

Maksud ayat tersebut antara lain :

a.       Perintah meneliti kebenaran atau tabayun untuk setiap berita

b.      Dampak mempercayai berita palsu atau hoax akan mengakibatkan kecelakaan pada suatu kaum

c.       Cepat percaya kepada suatu berita dan tidak melaksanakan tabayun merupakan suatu kebodohan.

 

Maka untuk tabayun terutama terhadap berita atau konten yang ada di internet, kiat harus melakukan cek fakta dan memeriksa kebenarannya. Misalnya masuk ke website cek fakta yang sudah disediakan kementerian komunikasi dan informatika.

https://trustpositif.kominfo.go.id/ 


Asesmen

 

Simaklah berita berikut ini!

Beredar unggahan video di media sosial yang mengklaim bahwa Gunung Gede Pangrango aktif seusai gempa yang terjadi di Cianjur pada 22 November 2022.

Apakah berita tersebut benar atau hoax?

Ikuti langkah berikut untuk melaksanakan tabayun terhadap berita tersebut!

1.      Buka website https://trustpositif.kominfo.go.id/ atau scan barcode tabayun hoax

2.      Klik download data hoax terbaru

3.      Klik Isu hoax umum bulanan

4.      Klik bulan November 2022

5.      Maka jawabannya akan muncul apakah berita tersebut hoax atau bukan.

6.      Simpulkanlah berita tersebut

 

 

B.   Hikmah Tabayun

 

Tabayyun merupakan salah satu akhlak mulia, karena dengan adanya tabayun akan mampu menjaga kemurnian dalam ajaran Islam dan menjaga keharmonisan dalam pergaulan pula. Tabayyun akan mengurangi kesalah pahaman antara satu pihak dengan pihak yang lainnya. Adapun beberapa hikmah tabayyun meliputi:

1.      Menjaga silaturrahmi

2.      Informasi sesuai kenyataan

3.      Menjaga persahabatan

4.      Menyelamatkan dari salah faham

5.      Berita palsu atau hoax tidak tersebar

6.      Menjaga lisan dari dosa

7.      Terhindar dari fitnah

8.      Memberi ketentraman jiwa

Asesmen

Carilah berita sebenarnya dan hikmah yang didapat dengan kita melakukan tabayun!

No

Berita Hoax

Berita Sebenarnya

Hikmah Tabayun

1

SPBU terbakar akibat membayar BBM menggunakan handphone

 

 

2

Radiasi layar handphone bisa menyebabkan mata berdarah

 

 

3

Microchip dan robot berukuran sel ditemukan dalam kandungan vaksin COVID-19.

 

 

 

Refleksiku

No

Pernyataan

Hasil refleksi

1

Materi ajar yang sudah saya fahami dalam unit ini

 

 

 

 

2

Materi ajar yang belum saya fahami dalam unit ini

 

 

 

 

3

Materi ajar yang ingin saya fahami lebih jauh

 

 

 

 

4

Hikmah sujud dan salat yang sudah saya jalankan

 

 

 

 Unjuk Karya

1.      Buatlah karya dengan tema” Katakan tidak pada hoax” dalam produk yang disesuaikan dengan minat dan profil belajar peserta didik (poster/video/tulisan di Blog/ dll)

2.      Instrumen dan kriteria penilaian terlampir

3.      Produk berupa poster, video atau tulisan diposting di media sosial/blog atau dipasang di mading kelas/sekolah.

4.      Produk karya  berupa poster, video, atau tulisan yang sudah diposting di media sosial atau blog dikirim tautannya kepada guru.

5.      Batas waktu pengerjaan selama 1 pekan.


Bimbingan Menarik rezeki

2 Responses to "Menghindari Ghibah dan Melaksanakan Tabayun"

  1. Alhamdulillah terima kasih bisa jadi inspirasi semoga bermamfaat, teru berkarya demi generasi yang berakhlak mulia...Insyaallah

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel