-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

Modul Ajar PAI Fase D


Modul Ajar PAI Fase D
Setiap pendidik perlu memiliki rencana pembelajaran untuk membantu mengarahkan proses pembelajaran mencapai CP. Rencana pembelajaran ini dapat berupa: 

  1. rencana pelaksanaan pembelajaran atau yang dikenal sebagai RPP atau 
  2. dalam bentuk modul ajar. 
  3. Apabila pendidik menggunakan modul ajar, maka ia tidak perlu membuat RPP karena komponen-komponen dalam modul ajar meliputi komponen-komponen dalam RPP atau lebih lengkap daripada RPP

Adapun komponen modul ajar secara lengkap terdiri atas :


Bisa juga modul ajar dengan komponen yang lebih singkat sebagai berikut :


Dalam kegiatan inti pada modul ajar dianjurkan untuk dicantumkan strategi diferensiasi. 
Diferensiasi Pembelajaran  :
  1. Konten (materi yang akan diajarkan) 
  2. Proses (cara mengajarkan) 
  3. Produk (luaran atau performa yang akan dihasilkan) 
Strategi Diferensiasi Konten :
  1. Bagi peserta didik yang memerlukan bimbingan dapat mempelajari 3 (tiga) hal terpenting terkait materi, 
  2. bagi peserta didik yang cukup mahir dapat mempelajari keseluruhan materi dan 
  3. bagi peserta didik yang sudah sangat mahir dapat diberikan pengayaan
Strategi diferensiasi proses :
Proses pembelajaran dan bentuk pendampingan dapat didiferensiasi sesuai kesiapan peserta didik :
  1. bagi peserta didik yang membutuhkan bimbingan pendidik perlu mengajarkan secara langsung, 
  2. bagi peserta didik yang cukup mahir dapat diawali dengan Modeling yang dikombinasi dengan kerja mandiri, praktik, dan peninjauan ulang (review), 
  3. bagi peserta didik yang sangat mahir dapat diberikan beberapa pemantik untuk tugas mandiri kepada peserta didik yang sangat mahir
Strategi diferensiasi produk :
Diferensiasi pembelajaran juga dapat dilakukan melalui produk yang dihasilkan. Contohnya :
  1. bagi peserta didik yang memerlukan bimbingan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai konten inti materi,
  2. bagi peserta didik yang cukup mahir dapat membuat presentasi yang menjelaskan penyelesaian masalah sederhana, 
  3. bagi peserta yang sangat mahir bisa membuat sebuah inovasi atau menelaah permasalahan yang lebih kompleks

Bimbingan Menarik Rezeki

Breaking News ...!!!


Sebuah ebook  karya seorang guru PAI di sekolah penggerak, 
yang berisi ringkasan dan jawaban latihan pemahaman pelatihan mandiri dalam Platform Merdeka Mengajar. Ikhtiar guru PAI agar tidak tertinggal dari guru mapel lain dalam bergelut dengan Platform Merdeka Mengajar.

Asesmen Vs Penilaian

Asesmen (assessment) adalah upaya untuk mendapatkan data/informasi dari proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui seberapa baik kinerja peserta didik, kelas/mata pelajaran, dibandingkan terhadap tujuan/kriteria/capaian pembelajaran tertentu.

Penilaian (grading) adalah proses penyematan atribut atau dimensi atau kuantitas (berupa angka/huruf) terhadap hasil asesmen dengan cara membandingkannya terhadap suatu instrumen standar tertentu.

Perencanaan Asesmen
Rencana asesmen dimulai dengan perumusan tujuan asesmen. Tujuan ini tentu berkaitan erat dengan tujuan pembelajaran. 
Setelah tujuan dirumuskan, pendidik memilih dan/atau mengembangkan instrumen asesmen sesuai tujuan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih/mengembangkan instrumen, antara lain: karakteristik peserta didik, kesesuaian asesmen dengan rencana/tujuan pembelajaran dan tujuan asesmen, kemudahan penggunaan instrumen untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik dan pendidik 

(lebih lengkap diuraikan dalam Asesmen Modul Ajar, Klik Asesmen Modul Ajar)

Yang mau modul ajar SMA klik disini

Sebagai contoh modul ajar bisa di unduh pada tautan berikut
Modul Ajar Alam Semesta Fase D




WA Admin

0 Response to "Modul Ajar PAI Fase D"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel