-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

Siswa SMP IT Al Madinah Cibinong Membuat Buku Kumpulan Poster Moderasi Beragama

Poster Karya Siswa SMP IT Al Madinah

Berawal dari status WA seorang teman Ibu Silvia Ulfah, S.Pd,   guru PAI di SMP IT Al Madinah Cibinong yang mempublikasikan video poster hasil karya siswa, kami penasaran dan mengajukan beberapa pertanyaan untuk konfirmasi seputar tugas membuat poster tersebut. Kebetulan temanya sangat menarik yaitu MODERASI BERAGAMA. Tema yang kini masih menjadi bahan perdebatan di kalangan umat Islam sendiri. Isu menarik terkait moderasi beragama yang kini diinsersi ke dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tugas membuat poster merupakan salah satu wahana untuk memberi pemahaman kepada siswa dalam hal moderasi beragama. Sehingga siswa diharapkan mampu menanamkan nilai moderasi beragama ke dalam kehidupan sehari-hari.

Nilai moderasi Beragama akan menjadi bekal hidup bagi siswa kelak untuk menghadapi abad perubahan ini dalam tantangan globalisasi dengan tetap berpegang teguh pada Aqidah yang benar sesuai dengan Al Qur’an, Sunnah dan ijma para ulama. Moderasi beragama penerapannya tentu saja dalam hubungan dengan sesama makhluk baik itu manusia (hablumminannas) dan juga alam (hablum minal alam). Moderasi Beragama kaitannya dengan hubungan sosial antara umat Islam dengan Umat Islam dan Umat Islam dengan umat di luar Islam. Mengingat Islam merupakan agama rahman lil alamin. Sehingga sangat lengkap mengatur hubungan dengan semua makhluk yang ada di muka bumi ini.

Konteks moderasi beragama di Indonesia, bahwa secara historis Umat Islam di Indonesia sudah sangat terkenal dengan toleransinya. Sehingga nilai toleransi harus menjadi nilai yang terus dipertahankan terus ke depannya. Maka siswa yang akan menjadi pemilik masa depan harus ditanamkan sejak dini nilai luhur toleransi yang sudah tentu berasal dari Al Qur’an dan sunnah nabi.

Sebenarnya bukan hanya toleransi dalam moderasi beragama ini, ada 9 nilai moderasi beragama yaitu :

1.      Tawassuth(Tengah-tengah, moderat),

2.      I’tidal (Tegak Lurus, adil),

3.      Tasamuh (Toleran),

4.      Syura (Musyawarah),

5.      Ishlah (Perbaikan),

6.      Qudwah (Kepeloporan),

7.      Muwathanah (Cinta Tanah Air),

8.      La ‘Unf (Anti Kekerasan),

9.      I’tiraf al-‘Urf (Ramah Budaya)

 

 

Dalam tugas yang harus dikerjakan oleh siswa SMP IT Al Madinah dengan bimbingan ibu Silvia Ulfah, S.Pd. SIswa di tugaskan untuk membuat poster moderasi beragama di aplikasi misalkan seperti canva atau yg lainnya. Kemudian di print out dengan kertas poster ukuran A4 lalu di jilid spiral 1 kelas . Setiap siswa mengumpulkan posternya untuk kemudian di jilid menjadi sebuah buku. Kemudian menjadi sebuah karya kreatif kelas tersebut. Yang nanti akan dipamerkan dalam gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

 

Berikut ini video hasil karya masing-masing kelas berupa buku Poster Moderasi Beragama




Bimbingan Menarik Rezeki Untuk Passive Income

0 Response to "Siswa SMP IT Al Madinah Cibinong Membuat Buku Kumpulan Poster Moderasi Beragama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel