-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

Berlatih Soal Pre Tes PPG PAI

Sebelum melaksanakan PPG Daljab, Guru PAI akan melewati masa Pre test PPG dengan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan kompetensi profesional dan paedagogik. Berikut ini soal-soal yang dapat dijadikan bahan berlatih bapak ibu agar lebih siap melaksanakan pre test PPG.

Baca Juga :  Syarat PPG PAI daljab


Pilihlah jawaban yang paling tepat

  1. Berikut ini yang harus dilakukan GPAI untuk membantu peserta didik mencapai tugas perkembangan kematangan intelektual atau mengoptimalkan prestasi belajarnya sesuai dengan tingkat kecerdasannya.

A. Ciptakan iklim pembelajaran yang kondusif bagi perkembangan kecerdasan emosi dan sosial, yaitu iklim yang demokratis

B. Ciptakan iklim belajar yang kondusif bagi perkembangan moral dan kecerdasan spiritual peserta didik

C. Identifikasi peserta didik dengan memprioritaskan anak yang diduga kecerdasan emosi dan keterampilan sosialnya rendah

D. Identifikasi kemampuan intelektual peserta didik, sehingga memahami perbedaan individual peserta didik dalam kemampuan intelektual

E. Bekerja sama dengan rekan guru, terutama guru agama serta orangtua untuk membantu meningkatkan perilaku moral dan kecerdasan spiritual

Jawaban : D

2. Untuk menguasai kompetensi pedagogik, seorang GPAI harus dapat menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif. Pernyataan berikut manfaat bagi GPAI dalam memahami teori belajar.

A. GPAI harus mempercayai adanya keinginan dari masing-masing siswa untuk melaksanakan tujuan-tujuan yang bermakna bagi dirinya

B. GPAI melakukan pengulangan-pengulangan agar materi pelajaran dapat diingat dengan kuat oleh peserta didik.

C. GPAI memulai pembelajaran dari apa yang menurut peserta didik hal yang biasa, hal yang sudah diketahui olehnya

D. GPAI menempatkan dirinya sendiri sebagai suatu sumber yang fleksibel untuk dapat dimanfaatkan oleh kelompok

E. GPAI akan mengetahui apa yang harus dilakukan sehingga peserta didik dapat belajar dengan optimal

Jawaban : E

3. Langkah-langkah berikut yang TIDAK termasuk dalam penyusunan analisis kalender pendidikan dan minggu efektif adalah ....

A. Mengacu pada kalender pendidikan yang diterbitkan oleh Kemendikbud dan atau Kemenag sebagai pedoman dalam menentukan

Kalender pendidikan pada masing-masing satuan pendidikan

B. memperhatikan pengaturan waktu dalam kegiatan pembelajaran peserta didik dalam menentukan penerapan metode atau model pembelajaran yang efektif dan melakukan penilaian yang sesuai dengan materi pembelajaran

C. Menentukan minggu efektif, libur tengah semester, libur antar semester, serta libur akhir tahun dengan acuan jumlah yang telah ditetapkan dan menyesuaikan Kaldik dengan kondisi hari-hari libur umum maupun agama

D. Menentukan periode efektif pembelajaran dengan mempertimbangkan hari-hari yang akan tersita untuk kegiatan-kegiatan pengembangan diri, baik ekstrakulikuler maupun bimbingan dan konseling terpadu

E. Melakukan rekap Kaldik selama satu tahun penuh, atau dapat pula ditambah Kaldik per semester dan per bulan dengan telah diteliti secara seksama oleh tim perumus kalender pendidikan

Jawaban : B


4. Perangkat pembelajaran program tahunan kurikulum 2013 Guru Pendidikan Agama Islam, minimal memuat ....

A. materi pokok, kompetensi dasar, dan alokasi waktu

B. pelajaran/bab, subpelajaran/subbab, materi pokok dan alokasi waktu

C. materi pokok, kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi

D. pelajaran/bab, materi pokok dan indikator pencapaian kompetensi

E. pelajaran/bab, kompetensi inti, kompetensi dasar, dan alokasi waktu

Jawaban : A


5. Perumusan kompetensi inti dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sesuai jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK diatur dalam ....

A. Permendikbud RI No. 20 Tahun 2016 dan lampirannya

B. Permendikbud RI No. 21 Tahun 2016 dan lampirannya

C. Permendikbud RI No. 37 Tahun 2018 lampiran 24, 31 dan 40

D. Permendikbud RI No. 37 Tahun 2018 lampiran 23, 31 dan 40

E. Permendikbud RI No. 37 Tahun 2018 lampiran 24, 30 dan 40

Jawaban : C


6. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

(2) tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas

(3) kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti

(4) Penanda pencapaian Kompetensi Dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang menjadi acuan penilaian

(5) kriteria capaian Kompetensi yang bersifat generik yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada setiap jenjang pendidikan dalam rangka pencapaian Standar Kompetensi Lulusan

Pernyataan yang mendeskripsikan kompetensi inti dan kompetensi dasar ditunjukkan pada nomor ....

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (3)

D. (3) dan (4)

E. (4) dan (5)

Jawaban : C


7. Ketentuan berikut yang tidak termasuk dalam merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi adalah ....

A. dirumuskan dari Kompetensi dasar (perhatikan kompetensi dan materi)

B. dirumuskan minimal 2 (dua) IPK untuk setiap KD

C. menggunakan kata kerja operasional (mudah diukur dan diamati).

D. spesifik (satu rumusan, menggunakan satu kompetensi dan satu materi).

E. memperhatikan hierarki kompetensi dan gradasi materi

Jawaban : B


8. “Membedakan malaikat dan manusia.” Berdasarkan tabel taksonomi Anderson dan Krathwohl, rumusan IPK di atas termasuk ....

A. C2 (remember) dan pengetahuan faktual

B. C2 (understand) dan pengetahuan koseptual

C. C3 (apply) dan pengatahuan konseptual

D. C4 (analyze) dan pengetahuan faktual

E. C4 (analyze) dan pengetahuan konseptual

Jawaban : E


9. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) keterampilan abad 21 yang meliputi critical thinking, creativity, communication, dan collaboration

(2) pendekatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi dan mengomunikasikan

(3) mengintegrasikan budaya literasi dalam kemampuan mengakses, memahami dan menggunakan sesuatu dengan cara cerdas melalui berbagai aktivitas

(4) mengintegrasikan HOTS (Higher Order ofThinking Skills) yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif dan metakognitif dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi

(5) mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran terutama karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas.

Pernyataan yang harus diperhatikan dalam penyusunan RPP kurikulum 2013 ditunjukkan pada nomor ....

A. (1), (2), (3) dan (4)

B. (1), (3), (4) dan (5)

C. (1), (2), (4) dan (5)

D. (1), (2), (3) dan (5)

E. (2), (3), (4) dan (5)

Jawaban : D


10. Implikasi dari ketuntasan belajar untuk KD pada KI-3 dan KI-4 jika peserta didik yang memperoleh nilai kurang dari kriteria ketuntasan minimal adalah ....

A. diberikan kesempatan untuk melanjutkan pelajarannya ke KD berikutnya

B. diberikan pembelajaran pengayaan individual sesuai dengan kebutuhan

C. diberikan pembelajaran remedial individual/klasikal sesuai dengan kebutuhan

D. diberikan tambahan jam belajar individual sesuai dengan kebutuhan

E. diberikan tugas pembelajaran individual sesuai dengan kebutuhan

Jawaban : C


Bersambung pada seri selanjutnya.......


0 Response to "Berlatih Soal Pre Tes PPG PAI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel