-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

Sesi Elaborasi Pembelajaran Berdiferensiasi PGP

 


Pembelajaran melalui Gmeet pada kesempatan ini disampaikan materi yang sangat menarik dari Instruktur Ibu Siti Luthfah, M.Pd yaitu Pembelajaran Berdiferensiasi.

Berikut disajikan intisari pemaparan materi semoga dapat bermanfaat untuk diimplementasikan dalam kelas dan sekolah kita masing-masing.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Keputusan-keputusan yang dibuat tersebut adalah yang terkait dengan:

  1. Kurikulum yang memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas. Jadi bukan hanya guru yang perlu jelas dengan tujuan pembelajaran, namun juga muridnya.
  2. Bagaimana guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar muridnya. Bagaimana ia akan menyesuaikan rencana pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid tersebut. Misalnya, apakah ia perlu menggunakan sumber yang berbeda, cara yang berbeda, dan penugasan serta penilaian yang berbeda.
  3. Bagaimana mereka menciptakan lingkungan belajar yang “mengundang’ murid untuk belajar dan bekerja keras untuk mencapai tujuan belajar yang tinggi. Kemudian juga memastikan setiap murid di kelasnya tahu bahwa akan selalu ada dukungan untuk mereka di sepanjang prosesnya.
  4. Manajemen kelas yang efektif. Bagaimana guru menciptakan prosedur, rutinitas, metode yang memungkinkan adanya fleksibilitas. Namun juga struktur yang jelas, sehingga walaupun mungkin melakukan kegiatan yang berbeda, kelas tetap dapat berjalan secara efektif.
  5. Penilaian berkelanjutan. Bagaimana guru tersebut menggunakan informasi yang didapatkan dari proses penilaian formatif yang telah dilakukan, untuk dapat menentukan murid mana yang masih ketinggalan, atau sebaliknya, murid mana yang sudah lebih dulu mencapai tujuan belajar yang ditetapkan.

Muncul juga beberapa pertanyaan dari peserta

1. Bagaimana RPP untuk Sekolah Luar Biasa?
2. Bagaimana mengatasi anak yang slow learner atau ketidakstabilan emosi?
2. Bagaimana menyikapi dan teknis untuk memberi rasa adil dan persamaan untuk semua siswa di kelas?

Terimakasih Bu Siti Luthfah atas ilmunya.

Materi selengkapnya dapat diunduh pada link berikut

0 Response to "Sesi Elaborasi Pembelajaran Berdiferensiasi PGP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel