-->

Pengen Buku Vibe Online

Mari Belajar Aneka Soal Pretest PPG silahkan klik Pre Test PPG PAI

Contoh Soal PTS PAI Kelas 9



  • Penilaian atau asesmen adalah suatu proses mengumpulkan dan mengolah informasi untuk mengukur ketercapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.

  • PenilaianTengah Semester (PTS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 9-10 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan penilaian tengah semester meliput seluruh indikator yang merepresantasikan seluruh KD pada periode tersebut.

Berikut contoh Soal PTS yang belajarpai.my.id yang bisa sajikan semoga bermanfaat.

Muatan Literasi Numerasi/AKM PAI.

Untuk soal literasi PAI disajikan contoh sebagai berikut

Pada Q.S al-Furqan, Tuhan telah menjelaskan dalam menciptakan segala sesuatu, Tuhan lalu menetapkan atasnya qadar (ketetapan) dengan sesempurna-sempurnanya (faqaddarahu taqdiraan). Dari sini jelas pula lah bahwa dalam al-Qur'an takdir digunakan untuk mengacu pada makna kadar, ukuran dan batasan. Contohnya, Tuhan menetapkan matahari beredar dalam porosnya, api membakar benda kering, air mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. Kesemuanya itu adalah ukuran yang ditetapkan Tuhan secara sempurna. Begitu halnya dengan manusia, manusia juga telah diberikan oleh Tuhan ukuran atau batasan tertentu. Contoh; Tuhan menetapkan pada manusia bahwasannya manusia tidak dapat terbang, manusia tidak dapat menyeberangi lautan. Ini pun sebuah ukuran bagi manusia. Lalu pertanyaannya, mengapa saat ini ada manusia yang bisa terbang dan manusia yang bisa menyeberangi lautan?. Jawabannya ialah karena manusia sudah berpindah ukuran. Tuhan telah memberikan ukuran pada akal manusia untuk dapat membuat pesawat terbang dan kapal laut sehingga ia bisa terbang dan menyeberangi lautan. (Sumber : mihwan.id)
Berdasarkan wacana literasi tersebut, perbedaan takdir benda alam dengan manusia adalah …
A. Benda alam telah dirubah takdirnya oleh Allah Swt sedangkan manusia juga bisa dirubah takdirnya oleh Allah Swt.
B. Benda alam telah ditetapkan takdirnya oleh Allah Swt sedangkan manusia juga telah ditetapkan takdirnya oleh Allah Swt.
C. Benda alam telah ditetapkan takdirnya oleh Allah Swt sedangkan manusia tidak bisa dirubah takdirnya oleh Allah Swt.
D. Benda alam telah ditetapkan takdirnya oleh Allah Swt sedangkan manusia bisa dirubah takdirnya oleh Allah Swt.



Untuk Soal Numerasi PAI disajikan contoh sebagai berikut


Berikut disajikan data kematian akibat covid 19 yang merupakan takdir mubram  dan data sembuh dari covid 19 yang merupakan takdir muallaq dari tanggal 1-11 April 2021. 



Berdasarkan tabel tersebut, orang yang menemui takdir mubramnya paling sedikit terjadi pada tanggal ….
A. 4 April
B. 5 April
C. 7 April
D. 11 April


Selengkapnya Unduh pada tautan berikut





Baca Juga :



0 Response to "Contoh Soal PTS PAI Kelas 9"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel